Text
Pelaksanaan pembelajaran IPA kelas III di sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif (studi deskriptif di SDIT Latansa Cendekia Tangerang)
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF
(Studi Deskriptif di SDIT Latansa Cendekia Tangerang)
(2015)
Ratih Febriyani Putri
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dilakukan oleh guru kelas III di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di kelas reguler. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wali kelas tidak membuat RPP sendiri, PPI untuk peserta didik berkebutuhan khusus hanya dibuat oleh Guru Siswa Istimewa (GISMA), materi yang diberikan untuk peserta didik berkebutuhan khusus sama seperti peserta didik reguler dengan modifikasi, metode dan media yang digunakan oleh guru ketika mengajar kurang menarik sehingga peserta didik mudah bosan, guru kurang dalam penguasaan kelas, dilakukannya modifikasi terhadap evaluasi pembelajaran IPA peserta didik berkebutuhan khusus, serta hambatan ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran IPA yaitu kurangnya sarana dan prasaran penunjang dari sekolah seperti tidak ada laboratorium IPA dan tidak ada alat peraga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru kurang dapat menguasai kelas, metode dan media yang digunakan dalam pembelajaran IPA kurang menarik peserta didik berkebutuhan khusus, dan kerjasama yang sudah baik antara wali kelas dan GISMA dalam membimbing peserta didik berkebutuhan khusus di kelas.
Kata kunci : Pembelajaran IPA kelas III, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, peserta didik berkebutuhan khusus.
Bibliografi : lembar 107-109
SS00008951 | SK 8951 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain