Text
Hubungan antara kompensasi dengan motivasi guru di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Paseban Jakarta Pusat
HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KELURAHAN PASEBAN JAKARTA PUSAT
HERY IRAWAN
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kompensasi dengan motivasi guru di SD Negeri Kelurahan Paseban Kecamatan Senen Kota Administrasi Jakarta Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel didalamnya yaitu: (X) Kompensasi sebagai variabel bebas dan (Y) Motivasi sebagai variabel terikat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan hasil analisis studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDN di Kecamatan Paseban Jakarta Pusat sebanyak 40 guru. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proporsional sampling. Berdasarkan teknik tersebut ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 guru. Pengumpulan data untuk variabel (X) kompensasi dan variabel (Y) motivasi menggunakan angket.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,2400 dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 0,2536 untuk uji satu pihak dengan dk = n – 2 = 40– 2 = 38 serta taraf signifikansi α = 0,05 dari daftar signifikansi diperoleh ttabel atau t0.95 sebesar 2,02. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa thitung = 0,2400 > ttabel = 2,02 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian alternatif (Ha) yang diajukan sebelumnya dapat diterima. Adapun kontribusi yang diberikan oleh kompensasi terhadap motivasi guru adalah sebesar 6 %.
Kata kunci : Kompensasi, Motivasi
Bibliografi : lembar -
SS00009088 | SK 9088 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain