Text
Hubungan antara kompensasi dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat
ABSTRAK
RIFQI RAMADHANI, Hubungan Antara Kompensasi Dengan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompensasi dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Variabel yang diteliti adalah kompensasi sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei. Pengumpulan data untuk variabel kompensasi dan variabel kinerja guru menggunakan kuesioner.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment dari Karl Pearson, dengan terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan linearitas. Dari hasil pengujian hipotesis untuk uji keberartian korelasi diperoleh bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,286 >1,993, dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kompensasi dengan kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kompensasi yang diterima guru, akan semakin tinggi pula kinerja yang dihasilkan oleh guru. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 27,68% terhadap variabel Y, sedangkan implikasi dari penelitian ini adalah kompensasi memiliki peranan dalam meningkatkan kinerja guru. Bila ingin meningkatkan kinerja guru, maka perlu juga meningkatkan kompensasi kepada guru tersebut. Karena semakin terpenuhinya berbagai macam kebutuhan guru, maka akan menimbulkan kepuasan dalam menjalankan pekerjaannya yang berdampak pada meningkatnya kinerja.
Kata Kunci: Kompensasi dan Kinerja Guru
Bibliografi : lembar 94-95
SS00009084 | SK 9084 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain