Text
Penggunaan alat peraga berbasis lingkungan dalam meningkatkan pemahaman matematika tentang konsep pengukuran luas dan keliling bangun datar pada siswa kelas IV SDS laboratorium PGSD FIP UNJ
PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA TENTANG KONSEP PENGUKURAN LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SDS LABORATORIUM PGSD FIP UNJ
(2016)
RIA SAGITA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan alat peraga berbasis lingkungan dalam meningkatkan pemahaman matematika tentang konsep pengukuran luas dan keliling bangun datar pada siswa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester I tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, dan tes evaluasi pemahaman matematika. Hasil peningkatan pemahaman matematika yang diperoleh pada siklus I adalah 59%, siklus II adalah 68%, siklus III adalah 77%, dan siklus IV adalah 91%. Adapun persentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah 55%, siklus II adalah 72%, siklus III adalah 88% dan siklus IV adalah 100%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan alat peraga berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman matematika tentang konsep pengukuran luas dan keliling bangun datar. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui alat peraga berbasis lingkungan dalam pembelajaran Matematika dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas IV di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ, Jakarta Selatan.
Kata kunci: Pemahaman Matematika, melalui Alat Peraga Berbasis Lingkungan, Kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 119-121
SS00009082 | SK 9082 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain