Text
Pengaruh teknik biblioterapi untuk mengubah konsep diri siswa (studi kuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tangerang)
PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENGUBAH KONSEP DIRI SISWA
(Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tangerang)
(2016)
ARDO TRIHANTORO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik biblioterapi dan mengetahui pengaruh teknik biblioterapi untuk mengubah konsep diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tangerang pada bulan November 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 12 orang siswa dan penggunaan teknik biblioterapi dalam bentuk kelompok. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan berdasarkan teori konsep diri sebanyak 59 item pernyataan yang valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.917 yang berarti bahwa instrumen tersebut layak dan dapat dipergunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Mann Whitney U-Test diperoleh hasil nilai asymp. Sig = 0.037. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi α = 0.05 atau dengan tingkat kesalahan sebesar 5%, maka nilai Asymp. Sig = 0.037 < nilai signifikansi α = 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut memiliki arti bahwa terjadi perubahan pada konsep diri responden kelompok eksperimen setelah diberikan biblioterapi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, teknik biblioterapi berpengaruh positif terhadap perubahan konsep diri siswa. Biblioterapi dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai satu bentuk alternatif penanganan bagi siswa yang memiliki konsep diri negatif.
Kata Kunci: biblioterapi, konsep diri, siswa
Bibliografi : lembar 90-91
SS00008959 | SK 8959 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain