Text
Penggunaan model cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD)dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV (penelitian tindakan kelas di SDN Cengkareng timur 15 Pagi Jakarta Barat)
Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV (SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat)
2016
Ika Wahyu Nuari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penggunaan model cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas IV di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat. Waktu penelitian dilakukan sejak bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran cooperative learning tipe STAD adalah suatu cara pembelajaran dimana di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kecil terdiri dari 4-6 orang secara heterogen yang terdiri dari berbeda jenis kelamin, agama maupun ras atau suku bangsa untuk melakukan diskusi. Adapun hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Pada Siklus I hasil belajar siswa mendapatkan 62,50%, kemudian pada Siklus II mencapai 87,50%. Adapun untuk lembar hasil pemantau tindakan aktivitas guru mendapatkan persentase rata-rata 73,33% dan aktivitas siswa 68,33% pada siklus I, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas guru mencapai 86,67% dan aktivitas siswa mendapatkan persentase 88,33%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV tentang materi kenampakan alam dan keragaman sosial-budaya di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat.
Kata Kunci: Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe STAD, Hasil Belajar IPS
Bibliografi : lembar 121-122
SS00008940 | SK 8940 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain