Text
Hubungan antara kegiatan berbahasa dan pemerolehan kosakata Arab di pondok pesantren Jamiyyah Islamiyyah Tangerang
ABSTRAK Nanda Triwahyuni : Hubungan Antara Kegiatan Berbahasa dan Pemerolehan Kosakata Arab di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan berbahasa dan pemerolehan kosakata Arab di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai Januari 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pondok pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang. Adapun sampelnya adalah siswa kelas 2 aliyah sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemerolehan kosakata Arab adalah tes yang berjumlah 25 soal pertanyaan, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui kegiatan berbahasa adalah angket yang berjumlah 20 pertanyaan.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi dan korelasi. Sebelum itu, dilakukan uji persyaratan analisis yang mencakup Uji Normalitas dengan hasil variabel X di dapat L0hitung = 0,120 dan variabel Y di dapat L0hitung = 0,132 dengan n = 25 dan taraf ά = 0,05 dari didapat Ltabel = 0,173 yang L0 < Ltabel maka hipotesis nol ditolak dan berdistribusi normal, Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang homogen karena χ2 hit = 5,05 sedangkan χ2 tabel = 23,68, dan Uji Linearitas dinyatakan regresi linear karena Fhitung 1,325 < Ftabel 2,64, dan regresi dinyatakan signifikan karena Fhitung 157,21 > Ftabel 4,28.
Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh persamaan regresi Ŷ = -170,85 + 4,219X, dan koefisien korelasi sebesar 0,934, kemudian thitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar 4,11, lebih besar dari ttabel yaitu 2,50 dengan demikian terhadap hubungan yang signifikan antara kegiatan berbahasa dan pemerolehan kosakata arab.
Kata Kunci: Hubungan, Kegiatan Berbahasa, Pemerolehan Kosakata Arab.
ABSTRACT
Nanda Triwahyuni. Relationship Between Language and Acquisition Activity Vocabulary Arabic at the Islamic boarding school Jam'iyyah Tangerang. Thesis, Department of Arabic Language and Literature Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. January 2016.
This study aims to determine the relationship between the activities of Arabic language and vocabulary acquisition in the Islamic boarding school Jam'iyyah Tangerang. This study was conducted in November 2015 until January 2016.
The method used in this study is correlational method. The population in this study were all students boarding Jam'iyyah Islamiyya Tangerang. The sample was grade 2 aliyah as many as 25 people. The sampling technique was by purposive sampling. The instrument used to determine the acquisition of Arabic vocabulary of the test is a matter of question number 25, while the instrument used to determine the language activities are questionnaires that are 20 questions.
The data analysis technique used to test the hypothesis is regression and correlation analysis. Before that, the test requirements analysis covering the normality test with the results of the X variable can L0hitung = 0.120 and Y in can L0hitung = 0.132 n = 25 and the level of acquired ά = 0.05 Ltabel = 0.173 which L0
SS00009242 | SK 9242 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain