Text
Media kocok dadu untuk menstimulasi kognitif peserta didik hambatan pendengaran pada pelajaran IPS (karya inovasi untuk peserta didik hambatan pendengaran)
MEDIA KOCOK DADU UNTUK MENSTIMULASI KOGNITIF PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN PADA PELAJARAN IPS
Agatha Pianora Saris
ABSTRAK
Media Kocok Dadu ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran untuk menstimulasi kognitif peserta didik hambatan pendengaran pelajaran IPS tentang peninggalan sejarah pada masa kerajaan hindu, budha, dan islam. Media ini mengunakan metode karya inovasi yang berlandasan model Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, dan revisi desain. Validasi media dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli ketunarunguan, dan ahli materi. Skor rata-rata yang didapat dari evaluasi para ahli adalah 3,15. Media Kocok Dadu diujicobakan oleh 5 peserta didik kelas 4 di SLB-B Budi Daya. Hasil bahwa media ini dapat digunakan untuk menstimulasi kognitif peserta didik hambatan pendengaran dalam pelajaran IPS. Diharapkan guru dapat menggunakan media Kocok Dadu dalam mempermudah menjelaskan pelajaran IPS.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Media Kocok Dadu, peserta didik hambatan pendengaran.
Bibliografi : lembar 109-111
SS00008965 | SK 8965 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain