Text
Pengaruh metode Community Language Learning terhadap kemahiran berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 Jakarta
ABSTRAK
Nur Halimah, Pengaruh Metode Community Language Learning (CLL) Terhadap Kemahiran Berbicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode CLL berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 Jakarta pada bulan September – Oktober 2015. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 20. Sedangkan sampelnya adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 kelas VII tahun 2015, yaitu kelas VII.II (sebagai kelas kontrol) jumlah 40 siswa, dan kelas VII.V (sebagai kelas eksperimen) jumlah 40 siswa. Pengukuran hasil keterampilan berbicara siswa dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes lisan berbicara dengan tes subjektif (lisan) berupa praktek hiwar.
Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh L hitung = 0,123 dan pada kelas kontrol diperoleh L hitung = 0,077. Sedangkan L tabel pada kelas eksperimen diperoleh 0,140 (n = 40, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,140 (n = 40, taraf signifikansi 5%). Karena kedua Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa
SS00009243 | SK 9243 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain