Text
Pengajaran Balaghah di Pondok Pesantren Modern "Assalam" Putri Sukabumi Jawa barat (kajian etnografi)
ABSTRAK
PIRNA NIRMALA, Pembelajaran Balaghah di Pondok Pesantren Modern “ASSALAM” Putri Sukabumi Jawa Barat. Skripsi, Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran balaghah di Pondok Modern “ASSALAM” Putri Sukabumi Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Modern “ASSALAM” Putri Sukabumi Jawa Barat dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran balaghah di Pondok Modern “ASSALAM” Putri Sukabumi Jawa Barat berjalan dengan baik dan positif. Meskipun demikian, pembelajaran balaghah di sekolah ini tidak luput dari kendala-kendala seperti kurangnya kemampuan siswa dalam memahami bahasa arab pada pembelajaran balaghah.
Tujuan pembelajaran balaghah di Pondok Modern Assalam Sukabumi Jawa Barat telah dapat dieaih sebagai hasil dalam proses pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bervariasi disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan oleh guru di Pondok Modern Assalam Sukabumi Jawa Barat juga disesuaikan dengan keterampilan apa yang akan diuji.
Adapun strategi pembelajaran balaghoh yang digunakan di Pondok Modern Assalam Putri Sukabumi Jawa Barat adalah Strategi Penyesuaian dan Strategi Diskusi.
Materi bersumber dari buku “ Balaghah, Bayan, Badi’, Ma’ani” karangan “Ustadz Muhammad Gufran Zainul Alam” Buku ini merupakan buku yang digunakan oleh pondok pesantren di Indonesia. Adapun kegiatan tambahan yang diadakan guru di Pondok Modern Assalam Putri Sukabumi Jawa Barat berupa Puisi Arab dan kegiatan tambahan untuk mempelajari bahasa diluar jam pelajaran untuk mempermudah pemahaman bahasa Arab khususnya untuk pembelajaran balaghah. Implikasi penelitian ini adalah sebagai masukan bagi seluruh pengajar balaghah, khususnya bagi mereka yang mengajar pada tingkat sekolah menengah, yaitu dengan menerapkan metode yang baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
ABSTRACT
PIRNA NIRMALA, Learning Balaghah in Pondok Pesantren Modern "ASSALAM" Women Sukabumi, West Java. Thesis, Jakarta: Department of Arabic Language and Literature Faculty of Language and Art, State University of Jakarta, in January 2015. This study aims to obtain a clear description of the learning balaghah in Pondok Modern "ASSALAM" Women Sukabumi, West Java.
This research uses descriptive qualitative and ethnographic methods with techniques of collecting data through observation, interviews and documentation. This research was conducted in Pondok Modern "ASSALAM" Women Sukabumi, West Java and implemented in the first semester of the 2015/2016 academic year.
These results indicate that learning balaghah in Pondok Modern "ASSALAM" Women Sukabumi, West Java runs well and positive. Nonetheless, balaghah learning in this school does not escape from the constraints such as the lack of ability of the students in understanding learning Arabic at balaghah.
The learning objectives balaghah in Pondok Modern Assalam Sukabumi, West Java has been able dieaih as a result of the learning process. The method used in varied customized learning the material that will be taught by teachers in Pondok Modern Assalam Sukabumi, West Java also adjusted to what skills will be tested.
The balaghoh learning strategies used in Pondok Modern Assalam Women Sukabumi, West Java is the Strategy Adjustment and Strategy Discussion.
The material comes from the book "al-Balagha, Bayan, Badi ', Ma'ani" bouquet "Ustadz Muhammad Zainul Alam Gufran" This book is a book that is used by the boarding school in Indonesia. The additional activities held teacher at Pondok Modern Assalam Women Sukabumi, West Java in the form of Arabic poetry and additional activities to learn the language outside of school hours to facilitate the understanding of the Arabic language in particular for learning balaghah.
The implication of this study is to inform the entire teaching balaghah, especially for those who teach at the secondary school level, namely by applying the methods and in accordance with the level of students' progress.
Bibliografi: lembar 55-56
SS00009246 | SK 9246 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain