Text
Kesalahan dalam penggunaan Frasa Idhofah,Frasa Washfi beserta Irobnya pada keterampilan menulis(Analisa kesalahn pada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra arab Universitas Negeri Jakarta)
ABSTRAK
Nur Adibatul Lutfiyyah. Kesalahan dalam Penggunaan Frasa Idhofah dan Frasa Washfi beserta I’robnya pada Keterampilan Menulis (Analisis Kesalahan pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta). Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa & Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakart, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk kesalahan، jenis kesalahan dan persentasenya serta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan frasa idhofah dan frasa washfi beserta I’robnya pada keterampilan menulis.
Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta sejak bulan November 2015 hingga Januari 2016. Data penelitian ini berupa hasil keterampilan menulis dengan menggunakan frasa idhofah dan frasa washfi dengan sumber data mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 30 orang, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : 1) mengumpulkan kesalahan yang terdapat pada lembar jawaban mahasiswa 2) mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan، 3) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kesalahan berdasarkan jenis-jenis kesalahan،yaitu : kesalahan jarang ,merata ,dan umum 4) menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan dan 5) menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan.
Berdasarkan analisis kesalahan berbahasa penggunaan frasa idhofah dan frasa washfi dalam keterampilan menulis, hasil yang diperoleh adalah terdapat kesalahan merata pada frasa idhofah dan frasa washfi.
Adapun sebab kesalahannya, antara lain: (1) ketidaktahuan batasan kaidah sebanyak 5 kasus, (2) penerapan kaidah yang kurang sebanyak 20 kasus, dan (3) sebab-sebab lain sebanyak 5 kasus.
Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis dan nahwu. Dengan melakukan analisis kesalahan guru dapat mengetahui kesalahan jarang,، merata dan umum yang dilakukan oleh siswa dalam penggunaan frasa idhofah dan frasa washfi pada keterampilan menulis. Maka dari itu، para guru diharapkan untuk memperhatikan kesalahan jarang, merata dan umum yang dilakukan oleh siswa kemudian menjelaskannya hingga mereka memahaminya dengan baik, dan diharapkan pula untuk menggunakan media yang sesuai dan metode serta teknik yang bagus dalam pengajaran.
ABSTRACT
Nur Adibatul Lutfiyyah. Errors in the Use of Idhofah and Washfi Phrase as well as their I'rob on Writing Skills (Error Analysis on Students of Arabic Language and Letters Department, State University of Jakarta). Thesis. Jakarta: Arabic Language and Letters Department, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta, January 2016.
This research aims at obtaining empirical data about the form and type of error, as well as their percentage and causative factors of the error in the use of Idhofah and Washfi Phrase as well as their I'rob on Writing Skills.
This research was carried out in Arabic Language and Letters Department, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta since November, 2015 until January 2016. The data are gained from the result of writing skills which apply Idhofah and Washfi Phrase with the data source of 30 students majoring in Arabic Language and Letters. The methods employed in this research is descriptive with content analysis techniques and procedures as follows: 1) collecting errors found on the student answer sheet, 2) diagnosing the form of errors, 3) identifying and classifying the types of errors based on the kinds of mistakes, i.e., rare, even, and general errors, 4) describing the forms of errors and 5) explaining the factors causing the occurrence of an error.
Based on the analysis, the results obtained are it is found the prevalent errors in Idhofah and Washfi phrase. The causes of errors are: (1) the ignorance of the rule restrictions as much as 5 cases, (2) the application of the rules less than 20 cases, and (3) other causes as many as 5 cases.
The implication of this research is found in the teaching of Arabic language, especially in writing skills and nahwu. By doing error analysis, teacher can find out the error rare, even, and general performed by students in using Idhofah and Washfi phrase on writing skills. Therefore, teachers are expected to notice the mistakes rarely, evenly and generally performed by the students and explain it to the students until they understand it well, and use appropriate media and methods as well as good techniques in teaching
Bibliografi: lembar 87-89
SS00009248 | SK 9248 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain