Text
Peningkatan keterampilan menyimak melalui metode Storytelling di MTS Negeri 17 Jakarta
ABSTRAK
NUR INDRIYANI, Peningkatan Kterampilan Menyimak Melalui Metode Storytelling Di MTs. Negeri 17 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri 17 Jakarta pada bulan November 2015 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan menyimak dalam Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Negeri 17 Jakarta. Pengukuran hasil pemahaman cerita dilaksanakan di akhir siklus dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan yang sesuai dengan materi pelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan disetiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan.
Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan penguasaan menyimak Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 17 Jakarta adalah 70,86. Padasiklus II nilai rata-rata peningkatan penguasaan menyimak Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 17 Jakarta adalah 77,76.
Implikasi hasil penelitian menggunakan metode storytelling yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Arab pada siklus I mencapai rata-rata nilai 70,86. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan namun masih banyak siswa yang belum mencapai nilai standard karena penerapan metode yang belum maksimal dan belum terbiasa menggunakan metode ini. Dan padasiklus II peneliti melaksanakan proeses pembelajaran menyimak Bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah peneliti memberikan teknik “storytelling” secara lebih bervariasi, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan. Metode “storytelling” ini menjadikan siswa mampu meningkatkan kemampuan menyimak cerita Bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 77,76, atau dengan indicator pencapaian yang berhasil diraih, 24 siswa mencapai hasil ujian dengan KKM 70 sehingga 83% dari jumlah siswa yang mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan ketrampilan menyimak Bahasa Arab pada siswa MTs. Negeri 17 Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitiaan diketahui bahwa metode storytelling dapat meningkatkan penguasaan menyimak Bahasa Arab siswa MTs. Negeri 17 Jakarta. Dengan demikian metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa lebih senang dan lebih mudah dalam pembelajaran Bahasa Arab.
ABSTRACT
NUR Indriyani, Listening Skills Enhancement Methods Through Story Telling At MTs. Negeri 17 Jakarta. Thesis, Jakarta: Department of Arabic Language and Literature. Faculty of Language and Art. State University of Jakarta.
The research was conducted in MTs. Negeri 17 Jakarta in November 2015 with the aim of this study was to see an increase listening skills in Arabic. The method used was classroom action research. The population of this research is class VIII MTs. Negeri 17 Jakarta. Measurement results story understanding held at the end of the cycle by asking questions - questions that are appropriate to the subject matter.
Class Action Research is done through four phases: planning, action, observation and reflection. This research was conducted in two cycles and each cycle consisted of three meetings.
The results obtained in each cycle is: the first cycle of the average value increasing mastery of Arabic listening to the students of class VIII MTs. Negeri 17 Jakarta is 70.86. Padasiklus II average value increasing mastery of Arabic listening to the students of class VIII MTs. Negeri 17 Jakarta is 77.76.
Implications of the results of research using storytelling methods that are applied to improve listening skills in Arabic in the first cycle reached an average value of 70.86. This value has not achieved the expected results, but there are still many students who have not reached the standard value for the application of the method is not maximized and not accustomed to using this method. And padasiklus II researchers conducted proeses listening learning Arabic with measures that have been implemented in the first cycle that gives researchers the difference is the technique of "storytelling" is more varied, so that students do not feel boredom. Methods of "storytelling" is to make students able to improve listening skills in Arabic stories. Then the average results of the test cycle II reached 77.76, or indicators of achievements that were achieved, 24 students achieving exam results by KKM 70 so that 83% of students achieved the expected results. These results indicate that an increase listening skills in Arabic on students MTs. Negeri 17 Jakarta.
Based on the results penelitiaan known that storytelling method can improve students' mastery of Arabic listening MTs. Negeri 17 Jakarta. Thus the learning method can be used as one of the methods in learning Arabic students are more fun and easier in learning Arabic
Bibliografi: lembar 88-89
SS00009249 | SK 9249 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain