Text
Meningkatkan pemahaman matematika melalui metode cooperative learning type jigsaw pada siswa kelas V SDS Laboratoium PGSD FIP UNJ
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDS LABORATORIUM PGSD FIP UNJ
(2015)
RAYMOND
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan dalam pemahaman matematika melalui metode cooperative learning type jigsaw pada siswa kelas V SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah pada siswa kelas V pada semester I tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 17 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan keas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, analisis kegiatan pembelajaran, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil pemahaman matematika yang diperoleh pada siklus I adalah 59%, siklus II adalah 71% dan pada siklus III adalah 82%. Adapun persentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I pada guru 50% dan pada siswa 60%, siklus II pada guru adalah 67% dan pada siswa 80% sementara pada siklus III pada guru adalah 83% dan pada siswa 80%. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan metode cooperative learning type jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui penggunaan metode cooperative learning type jigsaw dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman matematika pada siswa kelas V di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan.
Kata kunci: Pemahaman Matematika, Cooperative Learning, Jigsaw, Kelas V SD.
Bibliografi : lembar 119-121
SS00008992 | SK 8992 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain