Text
Hubungan antara Pemahaman Nahwu dan Nilai kemahiran menulis siswa MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor
ABSTRAK
Nurul Fahmi. Hubungan Antara Pemahaman Nahwu dan Nilai Kemahiran Menulis Siswa MTs. Ummul Quro Al-Islami, Bogor . Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman nahwu terhadap nilai kemahiran menulis di MTs. Ummul Quro Al-Islami, Bogor.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Ummul Quro Al-Islami Bogor, pada tahun ajaran 2015-2016, yang dimulai dari bulan November sampai dengan bulan Desember 2015. Populasinya adalah seluruh siswa Ummul Quro Al-Islami dan sampelnya adalah siswa kelas 9A dengan jumlah 41 siswa dan 9B dengan jumlah 37 siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi. Data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan beberapa uji, seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas.
Setelah melakukan beberapa uji tersebut, maka didapat nilai korelasi sebesar 0,910 , kemudian thitung yang didapat dengan menggunakan uji t sebesar 19,12 lebih besar dari ttabel yaitu 1,72 dengan demikian terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pemahaman nahwu terhadap nilai kemahiran menulis .
Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin siswa memahami pelajaran nahwu makan akan semakin baik hasil nilai kemahiran menulisnya. Karena hubungan keduanya sangatlah signifikan.
ABSTRACT
Nurul Fahmi. Relationship Between Understanding and Values Nahwu Writing Proficiency Student MTs. Quro Umm Al-Islami, Bogor. Thesis, Department of Arabic Language and Literature Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. January 2016.
This study aims to determine the relationship antarapemahaman nahwu against the value of the writing skills in MTs. Quro Umm Al-Islami, Bogor.
The research was conducted in MTs. Umm Al-Islami Quro Bogor, in the academic year 20152016, which begins from November to December 2015. The population is all students Quro Umm Al-Islami and the sample was grade 9A and 9B with jumlah41 students denganjumlah 37 students.
Data analysis technique used is the technique of correlation. The data collected, then analyzed using several tests, such as normality test, homogeneity and linearity test.
After doing some tests, then obtained the correlation value of 0.910, then thitungyangdidapat ttest of 19.12 is greater than ttabelyaitu1,72dengan Thus there was a significant relationship between the understanding of the value nahwu writing skills.
This study shows that the students understand the lesson nahwu eat, the better the results of the writing proficiency. Because the relationship between the two is significant.
Bibliografi: lembar 49-50
SS00009250 | SK 9250 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain