Text
Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tahap penyelesaian menurut polya pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Bogor
ABSTRAK
APRI SULISTYANA PROBOWATI. Analisis Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika Berdasarkan Tahap Penyelesaian Menurut Polya Pada Siswa
Kelas IX SMP Negeri 6 Bogor. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Bogor di setiap tahap
penyelesaian menurut Polya dan mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa
kelas IX SMP Negeri 6 Bogor dalam pemecahan masalah matematika
menggunakan tahap penyelesaian menurut Polya beserta penyebabnya. Selain itu,
penelitian ini juga bertujuan untuk merancang pembelajaran berdasarkan kesulitan
yang dialami oleh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Bogor. Materi yang diujikan
adalah bangun ruang sisi lengkung yang terdiri dari tabung, kerucut dan bola.
Penelitian ini berlangsung pada bulan Oktober hingga November 2014
yang dilakukan di SMP Negeri 6 Bogor. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif
yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
tiga kelas dari sembilan kelas IX yang ada di SMP Negeri 6 Bogor. Dari ketiga
kelas tersebut, ditetapkan 7 siswa sebagai subjek penelitian yang diwawancara,
yaitu 2 siswa kelompok atas, 3 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok
bawah. Adapun pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive
sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga butir
masalah matematika yang berbentuk uraian dan pedoman wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelompok atas dapat
memenuhi seluruh indikator di keempat tahap penyelesaian menurut Polya,
kemampuan siswa kelompok tengah hanya dapat memenuhi indikator di tahap
memahami masalah dan masih kesulitan di ketiga tahap penyelesaian lainnya,
sedangkan kemampuan siswa kelompok bawah hampir tidak memenuhi semua
indikator di keempat tahap penyelesaian menurut Polya. Kesulitan yang dialami
siswa ketika memecahkan masalah matematika yaitu kurangnya pemahaman
terhadap masalah yang muncul, kurangnya pengetahuan siswa tentang strategi,
ketidakmampuan siswa dalam menerjemahkan masalah dalam bentuk matematika,
dan ketidaktepatan strategi yang digunakan. Penyebab kesulitan tersebut adalah
siswa hanya sekilas membaca masalah, siswa belum memahami sepenuhnya
maksud dari masalah, kurangnya motivasi untuk memahami masalah,
mengabaikan informasi penting yang jadi petunjuk pengerjaan, belum pernah
memecahkan masalah yang mirip seperti masalah yang diberikan, tidak terbiasa
memecahkan masalah matematika, dan guru tidak mengajarkan kepada siswa
berbagai strategi dalam pemecahan masalah matematika. Berdasarkan kesulitankesulitan
yang dialami oleh siswa, maka dirancang suatu pembelajaran yang
disusun dari hasil studi pustaka.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematika, Tahap penyelesaian
masalah menurut Polya
Bibliografi : lembar 201-205
SS00008639 | SK 8639 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain