Text
Survei pelaksanaan program prakondisi SM-3T di PLTK Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Nihaya Lastari: Survei Pelaksanaan Program Prakondisi SM-3T di LPTK
Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta : Jurusan Kurikulum dan
Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Jakarta, 2016.
Penelitian ini betujuan untuk memberi gambaran tentang program
Prakondisi SM3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta dari sudut pandang
peserta dan penyelenggara. Gambaran yang dimaksud ialah tahapan
pelatihan yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan,
implementasi dan evaluasi sesuai dengan teori Model Proses Pelatihan oleh
Blanchard dan Thacker. Program Prakondisi SM-3T sendiri ialah pelatihan
yang diberikan untuk membekali peserta SM-3T sebelum diberangkatkan ke
daerah 3T. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan
angket, wawancara dan observasi dokumen. Angket diisi oleh para peserta
SM-3T di LPTK Universitas Negeri Jakarta angkatan I, II, III dan IV.
Wawancara dilakukan kepada Ketua Lembaga Pendidikan dan
Pengembangan Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pendidikan
Profesi, Sertifikasi Guru dan Dosen. Observasi dokumen dilakukan di kantor
Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Universitas Negeri Jakarta.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program Prakondisi SM-3T di
LPTK Universitas Negeri Jakarta belum menerapkan teori Model Proses
Pelatihan dari Blanchard dan Thacker sepenuhnya. Tidak lengkapnya
komponen strategi pelatihan yang dikembangkan dan digunakan serta
ketiadaan tahapan evaluasi yang komprehensif mengakibatkan tujuan dari
pelatihan ini pun belum tercapai sepenuhnya.
Kata kunci: Pelatihan, Pelatihan Guru, Prakondisi, SM-3T
Bibliografi : lembar 130-132
SS00008995 | SK 8995 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain