Text
Pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Jonggol
ABSTRAK
DHIADDIN AKMALIA. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di SMA Negeri 1 Jonggol.Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Selama proses pembelajaran berlangsung setiap individu memiliki cara belajar tersendiri untuk dapat memahami suatu materi pembelajaran, cara belajar tersebut dikenal sebagai gaya belajar (learning style). Terdapat tiga macam gaya belajar yaitu Visual, Auditori dan Kinestetik. Kemampuan berpikir kritis pada proses pembelajaran berhubungan dengan perolehan hasil belajar yang erat kaitannya dengan kemampuan mengolah informasi dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jonggol pada bulan November tahun 2015. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto.Teknik pengumpulan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner penentu gaya belajar diambil dari Quantum Teaching, tes kemampuan berpikir kritis dengan bentuk soal pilihan ganda dan rubrik penilaian proses kemampuan berpikir kritis. Pengujian prasyarat dilakukan dengan menguji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dan Uji Levene untuk menguji homogenitas.Berdasarkan analisis data, data yang berdistribusi normal dan homogen.Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji ANAVA (Analisis Varians).Data menunjukan p-value < 0,05 (0,011 < 0,05). Dari hasil tes uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kriris siswa pada materi sistem gerak.
Kata kunci : Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Gerak
Bibliografi : lembar 81-83
SS00008634 | SK 8634 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain