Text
Root cause analysis pelaksanaan "ujian sumatif" pada program studi D3 kebidanan Di STIKES Medistra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan akar penyebab dari kenaikan tingkat
persentase remedial mahasiswa dalam pelaksanaan ‘ujian sumatif’ berbasis
kompetensi di STIKes Medistra Indonesia mulai dari mengidentifikasi masalah,
mendefinisikan masalah, memahami masalah, hinggan mengidentifikasi akar
penyebab. Root Cause Analysis mengadaptasi model Andersen dan Tom
Fegerheug yang menghasilkan suatu gambaran berupa diagram fishbone
untuk menentukan akar penyebab masalah. Penelitian dilaksanakan di STIKes
Medistra Indonesia menggunakan teknik pengumpulan dan sumber data
triangulasi melalui analisis dokumen, angket, wawancara, dan Focus Group
Discussion (FGD). Analisis dokumen berdasarkan nilai UTS, UAS, dan ‘Ujian
Sumatif’. Angket diisi oleh dosen program studi D3 Kebidanan dan mahasiswa
tingkat akhir program studi D3 Kebidanan. Wawancara dilakukan dengan ketua
STIKes Medistra Indonesia, sekretaris program studi D3 Kebidanan, dan tim
sumatif. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan-kesenjangan yang paling
terlihat adalah kecakupan sumber daya, waktu, etos kampus, dan penyusunan
tes. Dari kesenjangan-kesenjangan tersebut dihasilkan akar penyebab yaitu
tidak ada koordinasi secara mendalam dengan pimpinan dan dosen. Implikasi
penelitian ini adalah perencanaan dalam menentukan intervensi sebagai solusi
dari masalah pembelajaran.
Kata Kunci: Root Cause Analysis, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Ujian
Sumatif
Bibliografi : lembar 172-174
SS00009000 | SK 9000 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain