Text
Pengembangan penuntun praktikum IPA berbasis learning cycle (5E) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA BERBASIS
LEARNING CYCLE (5E) UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
(2016)
Siti Nafingah
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan penuntun praktikum IPA untuk siswa kelas V sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan menggunakan angket dan wawancara dengan ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan desain instruksional, dan guru kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bangka 05 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 32 orang siswa. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan Borg dan Gall. Adapun teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif. Evaluasi ini dilaksanakan melalui tiga tahap uji coba, yaitu one to one evaluation, small group evaluation, dan field test evaluation. Hasil penilaian oleh ahli materi adalah 97%, ahli bahasa 93%, ahli media dan desain instruksional adalah 100%, dan guru kelas V adalah 94%, maka didapat rata-rata presentase nilai dari semua ahli adalah 96%. Pada hasil penilaian akhir yang diperoleh melalui evaluasi formatif adalah 92%. Oleh karena presentase nilai yang diperoleh melebihi batas skor kriterium yaitu 80%, maka penilaian uji kelayakan buku dikatakan valid atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum IPA berbasis learning cycle (5E) dapat dijadikan panduan dalam kegiatan pembelajaran di kelas V sekolah dasar.
Kata kunci: Penuntun Praktikum, Learning Cycle (5E), R n D.
Bibliografi : lembar 78-80
SS00009238 | SK 9238 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain