Text
Pembelajaran berbasis problem posing sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur
PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA
KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR
(2016)
IKA MARIATI PUTRI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika
melalui pembelajaran berbasis Problem Posing pada siswa kelas V SDN
Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN
Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur, yang berlokasi di Jl. Pemuda No. 6
Kelurahan Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Waktu penelitian
dilaksanakan dari bulan November 2015 dengan pengambilan data pada
bulan Januari 2016 pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat
tahap setiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Hasil penelitian melalui pembelajaran berbasis Problem Posing dapat
meningkatkan hasil belajar Matematika. Pada siklus I dan II hasil belajar
matematika mencapai 29,41% dan 85,20%. Pencapaian hasil pemantau
tindakan guru dan aktivitas siswa pada siklus I dan II sebesar 62,59% dan
82,37%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis
Problem Posing dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil
belajar Matematika di kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Problem Posing, hasil belajar Matematika
Bibliografi : lembar 86-87
SS00009240 | SK 9240 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain