Text
Pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R (preview,question,read,reflect,recite,review) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada materi arkhaea dan bakteria
ABSTRAK
QOYIMA KAMILAH. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Materi Arkhaea dan Bakteria. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Strategi pembelajaran PQ4R adalah salah satu strategi pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran melalui kegiatan membaca. Kegiatan membaca selintas, membuat pertanyaan, membuat intisari, dan mengulangi kegiatan membaca adalah kegiatan-kegiatan yang dapat mengoptimalkan kegiatan membaca dalam proses pembelajaran. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada materi Arkhaea dan Bakteria. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 104 Jakarta pada bulan Oktober-November 2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang dipilih dengan teknik simple random sampling sebanyak 66 orang siswa, terbagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran PQ4R, sedangkan di kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada materi Arkhaea dan Bakteria di SMAN 104 Jakarta.
Kata kunci: PQ4R, hasil belajar kognitif, Arkhaea dan Bakteria
Bibliografi : lembar 51-53
SS00008657 | SK 8657 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain