Text
Pengembangan alat pratikum melde sebagai media pembelajaran fisika SMA
ABSTRAK
DARA AGUSTIANTI. Pengembangan Alat Praktikum Melde Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA, Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat praktikum Melde yang dapat menjelaskan berbagai variabel yang mempengaruhi cepat rambat gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dicetuskan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari empat tahap, tahap pertama (1) studi pendahuluan, tahap kedua (2) perencanaan penelitian, tahap ketiga (3) pengembangan desain awal dan tahap ke empat (4) implementasi dan diseminasi. Hasil dari peneltian ini adalah sebuah produk media pembelajaran alat praktikum Melde yang telah divalidasi oleh dua orang ahli meteri fisika dengan hasil 90,0%, dua orang ahli media pembelajaran dengan hasil 87,6% dan tiga orang guru fisika SMA dari SMAN 105 Jakarta dan SMAN 98 Jakarta dengan hasil 88,9% yang diinterpretasikan sangat baik. Pada uji coba lapangan skala kecil dengan subjek penelitian 14 orang siswa SMAN 105 Jakarta dan uji coba lebih luas dengan subjek penelitian 25 orang siswa SMAN 98 Jakarta dengan hasil 84,5% yang diinterpretasikan sangat baik. Hasil pre-tes siswa dengan rata-rata nilai 46,0 dan post-test dengan rata-rata nilai 78,8 yang mengalami peningkatan. Sehingga alat praktikum Melde yang dihasilkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran fisika materi gelombang, khususnya gelombang transversal stasioner.
Kata kunci: Penelitian pengembangan, alat praktikum, media pembelajaran fisika, percobaan Melde.
Bibliografi : lembar 106-107
SS00008651 | SK 8651 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain