Text
Budaya organisasi di sekolah dasar alam Cikeas Bogor
BUDAYA ORGANISASI DI SEKOLAH DASAR ALAM CIKEAS BOGOR
(2016)
RIA RESTI ANGGRAENI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan dan
pengembangan budaya organisasi yang diselenggarakan di Sekolah
Dasar Alam Cikeas. Adapun budaya organisasi yang diterapkan di
sekolah meliputi penguatan akan nilai-nilai, serta pengembangan budaya
organisasi meliputi norma-norma yang berlaku.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan studi kasus kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah
indepth interview (wawancara mendalam), observasi dan studi
dokumentasi. Wawancara dilakukan pada informan kunci yaitu kepala
sekolah dan didukung oleh informan pendukung yang terdiri dari wakil
kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan,
guru-guru senior yang direkomendasikan oleh kepala sekolah serta dari
wawancara spontan yang dilakukan saat tahap lapangan di lakukan oleh
peneliti.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Penguatan budaya
organisasi diselenggarakan oleh Sekolah Dasar Alam Cikeas melalui dua
proses yang meliputi proses penguatan pada saat pengajaran dan proses
penguatan pada proses ekstrakurikuler. 2) Pengembangan budaya
organisasi melalui penerapan norma-norma.
Implikasi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya
budaya organisasi, karena bila sekolah tidak menerapkan budaya
organisasi yang meliputi nilai-nilai dan norma-norma yang merupakan pilar
sekolah maka warga sekolah tidak akan mengetahui langkah yang akan
dilakukan untuk proses penguatan budaya, dan langkah yang dapat
dilakukan untuk dapat mengembangkan budaya organisasi di sekolah
sesuai dengan tujuan awal yang diinginkan pada saat awal pembentukan
sekolah.
Kata Kunci: Budaya organisasi, Penguatan budaya organisasi,
Pengembangan budaya organisasi.
Bibliografi : lembar 107-108
SS00008981 | SK 8981 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain