Text
Upaya meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X SMK Taman Siswa Kota Sukabumi
RINGKASAN
MUHAMMAD MUBDI HIDAYAT. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli Dengan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa SMK Taman Siswa Kota Sukabumi. (2016).Skripsi. Jakarta: Olahraga Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan keberhasilan pasing bola voli dengan gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kuantitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa masih belum paham tentang konsep pasing bawah bola voli. 2) siswa belum dapat melakukan tahap persiapan dengan sempurna yaitu dikarenakan posisi lengan masih belum lurus dan posisi kaki tidak terbuka selebar bahu. 3) siswa belum dapat melakukan gerak perkenaan dengan bola dikarenakan belum menerima bola di bagian belakang pergelangan tangan dan menerima bola masih dengan ujung tangan. 4) Siswa belum dapat melaksanakan gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan siswa setelah mendorong bola kurang meluruskan lutut dan lengan harus sejajar dengan bahu. 5) Siswa sudah menunjukan sikap yang positif khususnya motivasi dan keberanian yang meningkat.
ii
Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham akan konsep pasing bawah bola voli. 2) siswa dapat melakukan tahapan pasing bawah bola voli. 3) Siswa dapat mengoreksi dan menganalisa kekurangan pada pasangannya. 4) Siswa serius dalam mengikuti pelajaran
Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan dalam hasil belajar pasing bawah bola voli melalui gaya mengajar resiprokal, tes awal nilai rata-rata siswa 66,3, siklus I nilai rata-rata siswa 72,5 dan siklus II nilai rata-rata siswa 76,2. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 12 siswa (40%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 19 siswa (63,3%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 30 siswa (100%).
Bibliografi : lembar 60
SS00008675 | SK 8675 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain