Text
Analisis motivasi belajar siswa pada penerapan peer assessment dalam pembelajaran kimia
ABSTRAK
INAYAH NOVIANI. Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Penerapan Peer Assessment dalam Pembelajaran Kimia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek motivasi belajar siswa yang terbangun setelah penerapan peer assessment dalam pembelajaran kimia. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 2 Depok. Siswa diberikan instrumen peer assessment untuk menilai teman sebanyak dua kali, yaitu pada pertemuan kedua dan ketujuh. Untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar siswa, siswa diberikan instrumen motivasi belajar sebanyak tiga kali (motivasi belajar awal, motivasi belajar setelah penerapan peer assessment 1, motivasi belajar setelah penerapan peer assessment 2). Instrumen peer assessment dan motivasi belajar siswa dikembangkan berdasarkan model ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peer assessment dalam pembelajaran kimia berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Aspek motivasi belajar siswa yang terbangun setelah penerapan peer assessment adalah 3 poin aspek attention, 3 poin aspek relevance, 3 poin aspek confidence dan 1 poin aspek satisfaction. Siswa juga menyatakan bahwa siswa merasa senang dengan adanya penerapan peer assessment dalam pembelajaran kimia karena siswa dapat secara otomatis menilai dirinya sendiri ketika menilai temannya. Hal itu membuat siswa terpacu untuk terus memperbaiki dirinya agar mendapatkan nilai yang baik dari temannya.
Kata kunci: peer assessment, motivasi belajar siswa, pembelajaran kimia
Bibliografi : lembar 60-61
SS00008689 | SK 8689 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain