Text
Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada materi koloid di SMA N 4 Jakarta
ABSTRAK
DWI PUTRI HANDAYANI. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains
pada Materi Koloid. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia.
Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap
keterampilan proses sains pada materi koloid di SMA Negeri 4 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan XI MIA 1
(kelas kontrol), dilaksanakan pada April sampai Juni 2015. Metode
penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan pre tes pos tes
control group design. Teknik sampling yang digunakan dengan cara
Simple Random Sampling.
Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang masingmasing
berjumlah 35 siswa. kelas eksperimen menggunakan inkuiri
terbimbing berbasis eksperimen dan keterampilan proses sains dan kelas
kontrol menggunakan diskusi informasi, power poin dan video, dan
demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pos tes kelas
eksperimen dan kelas kontrol yaitu 66 dan 57. Pengujian terhadap
hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel dengan nilai 13,11 > 1,67 dengan taraf
signifikan 0.05, maka disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing
berbasis eksperimen dapat mempengaruhi nilai keterampilan proses sains
siswa di laboratorium pada praktikum koloid.
Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, Eksperimen, Keterampilan Proses Sains,
true eksperiment, koloid.
Bibliografi : lembar 68-69
SS00008685 | SK 8685 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain