Text
Efektivitas pembelajaran anatomi dan fisiologi di SMKN 27 Jakarta dengan menerapkan guided discovery learning di kelas X tata kecantikan rambut
ABSTRAK
YOHANA NUR RIZKI. Studi tentang “Efektivitas Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Di SMKN 27 Jakarta Dengan Menerapkan Guided Discovery Learning Di Kelas X Tata Kecantikan Rambut” Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Anatomi dan Fisiologi dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning.
Tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta pada siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut dengan jumlah siswa 29. Alokasi waktu pada masing-masing siklus adalah 2 x 45 menit dilaksanakan pada hari kamis tanggal 14 dan 21 Januari 2016.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan (observasi), wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada pelajaran Anatomi dan Fisiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 27 Jakarta. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat dari pretest sampai dengan post test siklus II, yaitu yang mencapai nilai KKM keterampilan pada pretest ada 10 siswa, pada post test siklus I meningkat menjadi 21 siswa, dan post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Sedangkan yang mencapai nilai KKM pengetahuan, pada pretest ada 13 siswa meningkat pada post test siklus I menjadi 20 dan pada post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Nilai rata-rata akhir test keterampilan dan tes pengetahuan dari pretest sampai post test siklus II mengalami peningkatan yaitu pretest 73,3 Post test siklus I 78,3 dan Post siklus II 84,5.
Kata kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar, Anatomi dan Fisiologi.
Bibliografi : lembar 108-109
SS00008735 | SK 8735 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain