Text
Pengembangan media pembelajaran IPA tentang sistem perencanaan manusia di kelas V SD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD (2016) Wahyu Ajeng Sarastika ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA tentang sistem pencernaan manusia sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih aktif, menyenangkan, bermakna, serta membuat peserta didik menjadi mandiri. Penelitian dilaksanakan di SDN Rawa Buaya 08 Pagi dengan sampel yang digunakan sebanyak 13 siswa. Responden dalam penelitian ini terdiri dari uji ahli (uji media, uji bahasa, dan uji materi), uji coba one to one, dan uji coba small group. Data diperoleh melalui pemberian angket kepada masing-masing responden. Hasil pengembangan Torso Sistem Pencernaan Manusia dinilai oleh ahli media dengan kelayakan produk 88,3%, ahli materi dengan kelayakan 90%, dan ahli bahasa dengan kelayakan 93,3%. Semua penilaian masuk ke dalam kategori sangat baik. Tahap selanjutnya Torso Sistem Pencernaan Manusia dinilai oleh 3 responden (uji coba one to one) dengan kelayakan produk 90%. Berikutnya Torso Sistem Pencernaan Manusia diujicobakan kepada 20 responden (uji coba small group) dengan kelayakan produk 90,3%. Penilaian yang dilakukan responden masuk ke dalam kategori sangat baik.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini harus terus dilakukan. Implikasi hasil penelitian ini adalah menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan bermakna bagi peserta didik. Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran IPA tentang sistem pencernaan manusia
Bibliografi : lembar 99-100
SS00008697 | SK 8697 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain