Text
Evaluasi instruktur dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di BBPLK Cevest Bekasi
ABSTRAK
Rendhy Frastyo. Evaluasi Instruktur dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka di BBPLK CEVEST Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Instruktur merupakan salah satu komponen terpenting di dalam pelaksanaan pelatihan. Agar instruktur mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam pelatihan dengan baik, mereka perlu mendapatkan pelatihan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Pada pelatihan tersebut, instruktur akan memperoleh kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai dengan standar kompetensi metodologi pelatihan sehingga instruktur memiliki kompetensi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi instruktur (peserta pelatihan) dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di BBPLK CEVEST Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi Donald Kirkpatrick yang berfokus pada level 2 (belajar). Penelitian ini juga merupakan studi sensus atau studi populasi karena peneliti menggunakan seluruh peserta pelatihan angkatan ke-4 yang berjumlah sebelas orang sebagai sampelnya. Data diperoleh melalui penilaian assessor dan pengamatan peneliti yang dilakukan pada saat kegiatan unjuk kerja setiap peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada instruktur (peserta pelatihan) yang harus meningkatkan keterampilan melaksanakan pembelajarannya pada tahap pembuka, inti, dan penutup. Pelatih perlu memberikan bimbingan lebih lanjut dalam bentuk konseling dan coaching guna memastikan kompetensi tercapai secara utuh.
Kata kunci: evaluasi pelatihan, pelatihan untuk instruktur, melaksanakan pembelajaran tatap muka, BBPLK CEVEST Bekasi.
iii
Bibliografi : lembar 192-195
SS00008695 | SK 8695 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain