Text
Pengaruh gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik terhadap hasil belajar biologi tentang keaneragaman makhluk hidup pada siswa SMK Pemuda
ABSTRAK
Esa Ambarwati. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Atau
Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Biologi Tentang Keanekaragaman
Makhluk Hidup Pada Siswa SMK Pemuda (Studi Ex Post Facto di SMK
Pemuda Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi,
Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Gaya belajar adalah suatu cara dalam menerima, mengolah, mengingat
dan menerapkan informasi dengan mudah. Gaya belajar terdiri dari visual,
auditorial, dan kinestetik. Mengetahui gaya belajar siswa secara spesifik
akan lebih dominan dalam meningkatkan hasil belajar mereka dengan
cara memaksimalkan belajar dengan gaya belajar yang mereka miliki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual,
auditorial, atau kinestetik terhadap hasil belajar Biologi tentang
Keanekaragaman Makhluk Hidup pada siswa SMK Pemuda. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester pertama tahun pelajaran 2015/2016. Metode
yang digunakan adalah Ex Post Facto, dengan variabel bebasnya gaya
belajar, sedangkan variabel terkaitnya hasil belajar Biologi siswa. Jumlah
sampel sebanyak 70 siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan
dengan sistem simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah gaya belajar dari Quantum learning, sedangkan hasil
belajar didapat dari tes kognitif. Uji Prasyarat menunjukkan data
berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji analisis varian (ANAVA) satu arah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa, tidak terdapat pengaruh gaya belajar
visual, auditorial, atau kinestetik terhadap hasil belajar Biologi.
Kata kunci: gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik, hasil belajar biologi
Bibliografi : lembar 48-49
SS00008769 | SK 8769 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain