Text
Pengembangan majalah matematika sebagai alternatif sumber belajar untuk siswa SMP kelas VII dengan pendekatan konstektual
ABSTRAK
Sri Utami. Pengembangan Majalah Matematika Sebagai Alternatif Sumber Belajar Untuk Siswa SMP Kelas VII Dengan Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan lmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa majalah dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika, khususnya pada materi Aritmetika Sosial untuk kelas VII SMP. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa penelitian ini diperlukan untuk menghasilkan media pembelajaran pada pokok bahasan Aritmetika sosial kelas VII dengan penyajian yang menarik dan interaktif sehingga diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, lebih interaktif dan materi Aritmetika sosial dapat lebih mudah dipahami siswa serta tujuan pembelajaran tercapai. Penerapan kontekstual pada majalah pembelajaran ini dengan memuat komponen-komponen dari pendekatan kontekstual seperti konstruktivisme, inkuiri, bertanya, pemodelan, masyarakat belajar, penilaian nyata, dan refleksi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari lima tahap. Tahap pertama yaitu analisis kebutuhan dan diketahui bahwa materi Aritmetika Sosial merupakan materi yang dibutuhkan siswa kelas VII untuk dikembangkan menjadi sumber belajar berupa majalah. Tahap kedua yaitu pengembangan produk dengan membuat jabaran materi, storyboard. Tahap ketiga yaitu validasi ahli yang terdiri dari ahli materi dan bahasa serta ahli media. Ahli materi dan bahasa serta ahli media melibatkan dosen yang kompeten di bidangnya. Tahap keempat yaitu uji coba lapangan skala kecil dengan mengambil sepuluh siswa sebagai responden. Tahap kelima yaitu uji coba lapangan skala besar yang melibatkan dua guru bidang studi matematika dan empat puluh siswa. Kelima tahap tersebut dilakukan secara berurutan sehingga menghasilkan produk akhir.
Hasil penelitian ini merupakan suatu alternatif sumber belajar berupa majalah pada materi Aritmetika sosial dengan pendekatan kontekstual untuk kelas VII yang telah dinyatakan baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kelayakan ini ditunjukkan dari persentase yang didapatkan dari uji ahli materi dan bahasa sebesar 89,9%, uji ahli media sebesar 91,40%. Setelah diadakan pengkajian dan revisi dari para uji ahli, majalah pembelajaran tersebut diujikan kepada siswa. Hasil yang didapatkan dari uji kelompok kecil sebesar 82,20%, uji coba guru sebesar 76,51% dan uji kelompok besar sebesar 82,5%. Hasil uji coba yang didapat dari para ahli dan siswa menunjukkan bahwa majalah pembelajaran yang digunakan sudah layak untuk dijadikan penunjang pembelajaran pada siswa kelas VII SMPN 4 Bekasi.
Kata kunci : Majalah Matematika, Alternatif Sumber Belajar, Kontekstual
Bibliografi : lembar 62-63
SS00008762 | SK 8762 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain