Text
Pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk software pembelajaran interaktif dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi lengkung
ABSTRAK
KOMARUDIN. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk
Software Pembelajaran Interaktif dengan Model Penemuan Terbimbing pada
Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta, 2016.
Kualitas pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan
model pembelajaran yang baik serta didukung dengan penggunaan media
pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran matematika berbentuk software pembelajaran interaktif dengan
model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri atas enam tahap,
yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba
lapangan one to one, 5) uji coba lapangan skala kecil, dan 6) uji coba lapangan skala
besar. Pada tahapan analisis kebutuhan diperoleh hasil antara lain sebagian besar
siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit (72,5%), salah satu
materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah bangun ruang sisi lengkung (57,5%)
dan siswa tertarik untuk belajar matematika dengan menggunakan software
pembelajaran (87,5%). Setelah diperoleh hasil pada tahap analisis kebutuhan,
dilakukan pengembangan produk awal. Tahap selanjutnya adalah validasi ahli yang
meliputi ahli materi dan bahasa serta ahli media. Pada tahap ini diperoleh masukan
dan saran guna revisi produk awal sehingga layak digunakan untuk uji coba one to
one, kemudian uji coba lapangan skala kecil yang dilanjutkan dengan uji coba
lapangan skala besar.
Hasil dari validasi uji ahli materi dan bahasa mendapatkan persentase ratarata
nilai sebesar 90,91% dan validasi uji ahli media mendapatkan persentase ratarata
nilai sebesar 88,67%. Hasil dari siswa satu-satu mendapatkan persentase ratarata
nilai sebesar 86,15%. Hasil uji coba lapangan skala kecil mendapatkan
persentase rata-rata nilai sebesar 82,5%. Hasil uji kelayakan pada guru
mendapatkan persentase rata-rata nilai sebesar 92,17%. Hasil uji coba kelompok
besar mendapatkan persentase rata-rata nilai sebesar 88,87%. Perolehan persentase
tersebut mendapatkan hasil interpretasi sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
software pembelajaran interaktif yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika, Software Pembelajaran
Interaktif, Model Penemuan Terbimbing, Bangun Ruang Sisi
Lengkung
Bibliografi : lembar 79-80
SS00008761 | SK 8761 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain