Text
Perbedaan hasil belajar kosakata tema hobi dan kegemaran antara siswa SMA kelas XII yang diberi permainan domino dan siswa yang diberi permainan koffer packen
ABSTRAK
Muhammad Qadril Ramadhan.2015. Perbedaan Hasil Belajar Kosakata Tema Hobi dan Kegemaran antara Siswa SMA Kelas XII yang diberi Permainan Domino dan Siswa yang diberi Permainan Koffer Packen.Skripsi, Program Studi Bahasa Jerman. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar kosakata tema Hobi dan Kegemaran antara siswa SMA kelas XII yang diberi permainan Domino dan siswa yang diberi permainan Koffer Packen . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pretest-Posttest GroupDesign. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan permainan Domino adalah 5.19 lebih besar dari t-tabel (2.68), sedangkan hasil uji–t untuk kelompok yang diajarkan dengan permainan Koffer Packen adalah 4.88 lebih besar dari t-tabel (2.68). Kedua hasil ini menunjukkan hasil yang signifikan, artinya bahwa kedua media pembelajaran tersebut memberikan perbedaan hasil belajar yang nyata. Penelitian ini membuktikan, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kosakata tema Hobi dan Kegemaran antara siswa SMA kelas XII yang diajarkan menggunakan permainan Domino dan siswa yang diajarkan menggunakan permainan Koffer Packen. Yang dalam penelitian ini siswa yang diajarkan menggunakan permainan Domino mendapat skor lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan permainan Koffer Packen. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan permainan Domino dan Koffer Packen dalam melatih kosakata bahasa Jerman khususnya tema Hobi dan Kegemaran, karena kedua permainan ini dapat meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Jerman.
Kata kunci:, Permainan Domino, Permainan Koffer Packen, Kosakata
ABSTRACT
Muhammad Qadril Ramadhan.2016. Differences in Vocabulary Learning Outcomes Hobbies and Pastimes theme among high school students were given a Class XII Domino and Student Games by Game Koffer Packen.Skripsi, German Language Studies Program. Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
This study aims to find differences in vocabulary learning outcomes Hobbies and Pastimes theme among high school students of class XII by game Domino and students are given a game Koffer Packen. This study is a quantitative study with pretest-posttest GroupDesign. The result of calculation t-test showed that the group of students being taught by using games Domino is 5.19 higher than t-table (2.68), while the t-test results for the group that was taught to play Koffer Packen is 4.88 higher than t-table (2.68 ). Both of these results indicate a significant result, which means that both of these learning media provides real difference in learning outcomes. This study proves that there are differences in vocabulary learning outcomes Hobbies and Pastimes theme among high school students of class XII taught using Domino game and the students taught using Packen Koffer game. Which in this study students taught using Domino games scored higher than students taught using Packen Koffer game. From the results of this study advised the teachers to use the game Domino and Koffer Packen in German language vocabulary training especially Hobbies and Pastimes theme, because both these games can improve learning outcomes German vocabulary.
Keywords :, Domino Game, Game Koffer Packen, Vocabulary
Bibliografi : lembar 38-39
SS00008942 | SK 8942 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain