Text
Pola ritmik keteng-keteng pada lagu piso surit
ABSTRAK
Benjamin Lucky Silalahi. Skripsi 2016. Pola Ritmik Keteng-Keteng Pada Lagu Piso Surit. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola ritmik Ketengketeng pada lagu Piso Surit serta mendokumentasikan pola ritmik Keteng-keteng dalam bentuk notasi musik, sebagai salah satu upaya pelestarian kesenian musik tradisional Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah metode yang bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berdasarkan hasil dari observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Waktu dan tempat Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan September 2015 – Januari 2016. Tempat pelaksanaan penelitian ini di Sanggar Tuah Ginemgem, GBKP Depok – Lenteng Agung. Hasil Penelitian Keteng-keteng memiliki lima pola ritmik yang diurutkan berdasarkan temponya yaitu Simalungun rayat, Patam-patam, Odak-odak, Marimari, Peselukken. Pola ritmik Keteng-keteng pada lagu Piso Surit adalah pola ritmik Odak-odak dan pengembangan dari pola ritmik Odak-odak tergantung pada pemain itu sendiri. Setiap pemain memiliki ciri khasnya sendiri. Pola ritmik Keteng-keteng pada lagu Piso Surit memiliki delapan pengembangan pola ritmik dari pola ritmik Odak-odak. Implikasi diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia akan kebudayaannya yang sangat luas dan perlu dilestarikan serta dikembangkan. Tujuannya adalah agar kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia dapat berkembang dan dinikmati hingga ke dunia Internasional. Target utamanya sendiri adalah kaum-kaum muda yang masih kurang mempunyai minat akan pelestarian budaya bangsa khususnya pada masyarakat Karo. Hasil dari penelitian ini pun diharapkan dapat menjadi bahan ajar dalam mempelajari salah satu instrumen musik tradisi yang ada di Indonesia. Serta diharapkan juga dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat umum, juga untuk kebutuhan akademik melalui literatur yang tertulis pada penelitian ini.
ABSTRACT
Benjamin Lucky Silalahi. Thesis 2016. Pola Ritmik Keteng-Keteng Pada Lagu Piso Surit. Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
The Purpose of this research was to describe the rhythmic patterns of Keteng-Keteng on Piso Surit and as well as documenting rhythmic patterns of Keteng-keteng in the form of musical notation, as one effort to preserve traditional Indonesian musical arts. The Methodology used is qualitative descriptive. The collection of data based on the results of field observation, interviews, documentation, and literature. Data were analyzed using data reduction and data presentation. The validity of the data using triangulation. Time and place of the research was conducted from September 2015 - January 2016. The implementation of this study in the Sanggar Tuah Ginemgem, GBKP Depok - Lenteng Agung. Results Keteng-keteng has five rhythmic pattern that is sorted by tempo namely Simalungun rayat, Patam-patam, Odak-odak, Mari-mari, Peselukken. Rhythmic patterns Keteng-keteng on Piso Surit on are rhythmic patterns Odakodak and development of rhythmic patterns Odak-odak depends on the player itself. Each player has its own peculiar characteristics. Rhythmic patterns Ketengketeng on Piso Surit song has eight development rhythmic patterns of rhythmic patterns Odak-odak. Implications expected to foster cultural awareness in Indonesia will be very broad and needs to be preserved and developed. The aim is that the cultures that exist in Indonesia can thrive and be enjoyed to the international world. Its main target itself are the families of young people who still have less interest in the preservation of national culture, especially in the Karo people. The results of this research is also expected to be a teaching material in studying one of the traditional musical instruments that exist in Indonesia. And is expected to also be the source of information for the general public, as well as to the academic needs through literature written on this study.
Bibliografi : lembar 65-66
SS00008943 | SK 8943 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain