Text
Hubungan kemampuan membaca dengan hasil belajar mengapresiasi seni tari pada siswa kelas X di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat
ABSTRAK
Monsanti. Januari 2016. Hubungan Kemampuan Membaca dengna Hasil Belajar Mengapresiasi Seni Tari Siswa Kelas X (Sepuluh) di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Hasil Belajar, Apresiasi Seni Tari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar apresiasi seni tari siswa kelas X di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat, serta mengetahui seberapa besar kontribusi hubungan kemampuan membaca terhadap hasil belajar apresiasi seni tari. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat pada kelas X (sepuluh). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif korelasional. Variabel bebas adalah Kemampuan Membaca (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar apresiasi seni tari (Y). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random sistematik (systematic random sampling) dengan jumlah sampel 64 dari 175 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan tes untuk masing-masing setiap variabelnya dan analisis data menggunakan uji korelasi product moment dengan uji prasyarat hipotesis. Hasil analisis korelasi product moment mengungkapakan bahwa terdapat hubungan sangat rendah antara kemampuan membaca dengan hasil belajar apresiasi seni tari kelas X SMA Negeri 20 Jakarta Pusat, dibuktikan dengan nilai bahwa = 0,2 lebih kecil dari = 0,237 pada α = 0,05 yang berarti koefisien korelasi = 0,2 adalah signifikan sangat rendah. Koefisien determinasi ( ) sebesar 0,04 atau 4% untuk variabel kemampuan membaca. Hal ini disebabkan karena apresiasi merupakan sikap, sikap akan terintegrasi dengan pengetahuan. Sehingga ketika seseorang memiliki apresiasi seni tari yang baik belum tentu didukung sepenuhnya oleh kegiatan membaca. Semakin banyak frekuensi siswa melakukan apresiasi dengan mengamati atau melihat secara langsung semakin baik pula apresiasinya. Dengan demikian apresiasi lebih ditekankan pada kegiatan memberi penghargaan atas apa yang diamati. Sisa sebesar 96% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
ABSTRACT
Monsanti. January 2016. The Correlation Of Reading Ability Towards 10th Grade Students’ Dance Appreciation Study Results at 20 Senior High School Central Jakata
Keyword : Reading Ability, Study Results, Dance Appreciation
This thesis raised the issues of the existence of any significant relationship between reading ability towards 10th grade students’ dance appreciation study results at 20 Senior High School Jakata Pusat. It is aimed to find out the relationship contribution between reading ability towards 10th grade students’ dance appreciation study results. This study was held at 20 Senior High School Central Jakarta towards the 10th grade students. The method which is used in this study is quantitative correlational research. The indepent variable is Reading Ability (X) and the dependent variable is Dance Appreciation Study Results (Y). The sampling is done by a systematic random sampling techniques with the sample 64 of 175 students. The data collecting method which is used in this study is by giving an objective test for each variables and the data analysis which used is product moment correlation test with hypothesis pre-requirement test. The results of product moment correlation test revealed that there is no relationship between the reading ability towards the 10th grade students’ dance appriciation study results at 20 Senior High School Central Jakarta, based on the findings, that = 0,02 is smaller than = 0,237, which means, the coefficient of correlation = 0,2 is means significantly lower. The coefficient of determination ( ) is 0,04 or 4% for reading ability variable and the rest is 96%, defined by others variable which is not studied. The coefficient of determination of 0,04 or 4% for variable reading skills. This is due to the appreciation of an attitude to be integrated with knowledge. So that when student has a good appreciation of the art of dance is not necessarily fully supported by the reading. Than more students pass the frequency of students pass appreciation to observe or see directly the better appreciation. Thus the appreciation more emphasis on rewarding activities on what is observe. The rest of 96% is explained by other variables not examined.
Bibliografi : lembar 73-75
SS00008946 | SK 8946 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain