Text
The use of authentic materials in teaching reading for tourism students
ABSTRAK
Mellia Astim. 2015. The Use of Authentic Materials in Teaching Reading for Tourism Students. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Fokus utama dari penelitian yang berjudul Penggunaan Materi Otentik dalam Pengajaran Membaca untuk Siswa Pariwisata adalah untuk mengeksplorasi bagaimana guru memilih dan menggunakan materi otentik dalam pengajaran membaca. Penelitian ini juga untuk menemukan respon guru dan siswa terhadap penggunaan materi otentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi kasus sebagai model penelitian. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen, observasi dan interview. Penelitian ini diselenggarakan dari awal Agustus sampai awal September di SMKN 57 Jakarta. Subjek dari penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris dan enam puluh murid dari kelas sebelas dan dua belas jurusan pariwisata. Untuk menganalisis data, penulis menganalisis dokumen data (Rencana
Pembelajaran), transkrip observasi dan interview. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kedua guru menggunakan materi otentik dalam pengajaran membaca. Dalam memilih materi otentik, guru-guru menentukan beberapa kriteria. Yaitu ; materi harus berhubungan dengan topik pembelajaran, silabus dan kebutuhan siswa. Tingkat kesulitan dan panjang dari teks harus disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat siswa. Berdasarkan respon siswa, mereka menunjukan respon yang positif terhadap pengguan materi otentik karena mereka senang belajar bahasa Inggris menggunakan materi otentik dan hal itu bisa menambahkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan, penemuan, peneliti berharap penelitian ini akan memberikan masukan yang bermanfaat dan informatif untuk guru, praktisi pendidikan dan peneliti selanjutnya yang tertarik dibidang yang sama.
Kata Kunci : Materi Otentik, Aktifitas membaca, Siswa pariwisata
ABSTRACT
Mellia Astim. 2015. The Use of Authentic Materials in Teaching Reading for Tourism Students. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
The primary focus of the study entitled The Use of Authentic Materials in Teaching Reading for Tourism Students is to explore how English teachers select and use authentic materials in teaching reading. This study is also to find out teachers’ and students’ responses towards the use of authentic materials. This study employed a qualitative method and case study as a research design. The data were gathered through document analysis, observations and interview. It was conducted from begining of August to the begining of September at SMKN 57 Jakarta. The subjects of the study were two English teachers and sixty students
from eleven and twelve grade of tourism major. To analyze the data, the writer analyzed the document data (lesson plans), observation and interview transcript. The findings revealed that
both teachers used authentic materials in teaching reading. In selecting the authentic materials, the teachers considered some criteria. Those are; the materials should be related to the topic of the lessons, syllabus and students’ needs. The level of difficulties and length of the text should be appropriate with students’ competence and students’ level. Regarding to the students’ responses, there were positive responses towards the use of authentic materials since they enjoyed learning English using authentic materials and it can improve their motivation in studying English. Based on the findings, the writer expects that the research will give benefit and informative inputs for teachers, educational practitioner and next reseacher who are interested in the same field.
Keywords : Authentic materials, Reading activities, Tourism students
Bibliografi : lembar 52-54
SS00008950 | SK 8950 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain