Text
Peningkatan kecerdasan kinestetik siswa berbasis pakem dalam pembelajaran tari di kelas VII.2 SMP 04 Tambun Selatan, Bekasi
ABSTRAK
Miati Ade Pratiwi. 2015. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Siswa Berbasis Metode Pakem Dalam Pembelajaran Tari Di Kelas VII SMP 4 Tambun Selatan, Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini terinspirasi oleh strategi pembelajaran tari yang menggunakan metode teacher center yang tampaknya kurang tepat sehingga kecerdasan kinestetik yang dimiliki oleh siswa SMPN 4 Tambun Selatan tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi pembelajaran tari dengan menggunakan metode PAKEM untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa di SMP 4 Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diperoleh dilapangan yaitu dengan teknik wawancara, pengamatan, dokumentasi, kemudian data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2 di SMPN 4 Tambun Selatan-Bekasi,dapat dikatakan bahwa penerapan metode PAKEM yang cirinya memberikan pengalaman, komunikasi, interaksi, dan refleksi dalam pembelajaran tari dapat meningkatan kecerdasan kinestetik siswa kelas VII.2, dari aspek koordinasi, keseimbangan, kelenturan dan kekuatan gerak.
ABSTRACT
Miati Ade Pratiwi. 2015. This thesis is titled Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Siswa Berbasis Metode Pakem Dalam Pembelajaran Tari Di Kelas VII SMP 4 Tambun Selatan, Bekasi. Thesis. Jakarta: Faculty of Language and Arts. State University Of Jakarta
This research is inspiration by strategic of learning dance that use methods teacher-center thas kinesthetic intelligence possessed by the students of SMPN 4 South Tambun not optimal. This study aimed to understandied strategic lenarning of dance use CTL methods to increase kinesthetic intelligence of students in SMPN 4 Tambun Selatan. The method used was classroom action research conducted in two cycles, includes planning, action, observation and reflection. The technique used to collect data in the field is obtained by interview, observation, documentation, and data were analyzed using qualitative data analysis techniques. Based on the results of research in cycle 1 and cycle 2 in SMPN 4 South Tambun, Bekasi, it can be said that the application of AJEL whose characteristics provide the experience, communication, interaction, and reflection in learning dance can improve kinesthetic intelligence VII.2 grade students, from the aspect of coordination , balance, flexibility and strength of motion.
Bibliografi : lembar 108-109
SS00009143 | SK 9143 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain