Text
Pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis pendekatan komunikatif (communicative approach) siswa kelas IV SD : penelitian dan pengembangan di SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan)
PENDEKATAN KOMUNIKATIF (COMMUNICATIVE APPROACH) UNTUK SISWA KELAS IV SD
(Penelitian dan Pengembangan di SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi
Jakarta Selatan)
(2016)
AJENG RESTUNINGRUM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar bahasa Inggris untuk siswa kelas IV sekolah dasar dengan tema yang difokuskan yaitu Family. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan siswa kelas empat SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 27 orang. Penelitian ini melewati beberapa tahapan uji coba, diantaranya uji ahli (expert review), uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji pelaksanaan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket. Wawancara dilakukan untuk analisis kebutuhan dan uji coba lapangan awal sedangkan angket diberikan ketika melakukan uji ahli, uji coba lapangan, serta uji pelaksanaan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penilaian uji ahli dengan melibatkan ahli materi dan ahli media menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 95%. Uji coba lapangan yang melibatkan enam responden menghasilkan persentase rata-rata penilaian sebesar 87,67%, sedangkan hasil uji pelaksanaan lapangan sebesar 96% dengan jumlah responden sebanyak 17 orang. Kesimpulan dari seluruh uji coba dalam penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris dengan Berbasis Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach) mencapai kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Komunikatif, Bahasa Inggris
Bibliografi : lembar 78-80
SS00009184 | SK 9184 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain