Text
Kajian pemanfaatan e-learning pada mata kuliah komunikasi visual di program studi teknologi pendidikan Universitas Negeri Jakarta
KAJIAN PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH KOMUNIKASI VISUAL DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
ERWIN ABDILLAH
ABSTRAK
Erwin Abdillah, Kajian Pemanfaatan E-learning pada Mata Kuliah Komunikasi Visual di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran mata kuliah Komunikasi Visual pada homepage (www.web.bali.net) di Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Sampel yang digunakan sebanyak 37 mahasiswa non-reg dan dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Visual. Hasil penelitian dipaparkan secara kualitatif diperkuat data observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan e-learning dalam mata kuliah Komunikasi Visual sudah dimanfaatkan. Implikasi dari penelitian ini adalah dosen pengampu dapat mengadopsi teori McREL sebagai acuan tambahan untuk memanfaatkan e-learning dalam mata kuliah Komunikasi Visual sehingga mahasiswa dapat lebih variatif dalam dalam membuat tugas-tugas yang diberikan.
Kata kunci: Kajian Pemanfaatan E-learning, Pemanfaatan E-learning dikelas
Bibliografi : lembar 141-142
SS00009191 | SK 9191 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain