Text
Perbedaan kematangan karir siswa berdasarkan status sosial ekonomi : studi komparatif pada siswa kelas IX di SMP Negeri 234 Jakarta
PERBEDAAN KEMATANGAN KARIR SISWA BERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI
(Studi Komparatif pada Siswa Kelas IX di SMPN 234 Jakarta)
(2016)
Ahmad Faris Al-Anshari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan karir antara siswa yang berasal dari keluarga mampu dengan siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 132 siswa, yaitu siswa mampu sebanyak 66 siswa dan siswa tidak mampu sebanyak 66 siswa di SMPN 234 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan inventori kematangan karir dari John Crites dan dianalisa dengan software SPSS 20. Instrumen penelitian dianalisis berdasarkan 3 jenjang kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test dalam SPSS 20 diperoleh hasil bahwa nilai Sig. sebesar 0.002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kematangan karir antara siswa yang berasal dari keluarga mampu dengan tidak mampu tetapi tidak signifikan atau H1 diterima. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi untuk berbagai pihak, khususnya guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir secara optimal sesuai dengan tugas perkembangan karir siswa dan dapat mempertimbangkan status sosial ekonomi sebagai bagian dari faktor kematangan karir dan kecenderungan arah pilihan karir siswa.
Kata Kunci: Kematangan Karir, Status Sosial Ekonomi.
Bibliografi : lembar 111-114
SS00009192 | SK 9192 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain