Text
Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur : studi eksperimen di SD Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
(2016)
Rinti Sarnita
ABSTRAK
Penelitian ekperimen ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SD di kelurahan Rawamangun Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian adalah kelas IV SDN Rawamangun 05 Jakarta Timur Sebanyak 29 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posstest-Only-Control Design yang memiliki dua group yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir kritis IPA berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran IPA untuk dapat meningkatkan hasil kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SD.
Kata Kunci : Pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 64-66
SS00009203 | SK 9203 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain