Text
Persepsi kepala sekolah terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif jenjang sekolah dasar di wilayah Jakarta Timur : survei di Sekolah Dasar inklusif wilayah Jakarta Timur
PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF JENJANG SEKOLAH DASAR DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
(Penelitian Survey Kuantitatif di SD Jakarta Timur)
Hanifah Firidaini
ABSTRAK
Penelitian survey ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kepala sekolah terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif jenjang sekolah dasar di wilayah Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah 99 kepala sekolah penyelenggara pendidikan inklusif jenjang sekolah dasar di wilayah Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah penyelenggara pendidikan inklusif jenjang sekolah dasar di wilayah Jakarta Timur sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 30 kepala sekolah. Data yang sudah didapat kemudian dihitung dan dianalisis menggunakan nilai ideal kemudian data disajikan dengan menggunakan tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepala sekolah terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif sudah baik karena mencai nilai ideal 65. Meskipun persepsi kepala sekolah sudah baik, tetapi masih perlu ditingkatkan lagi dalam hal sumber daya manusia, kurikulum dan budaya dalam pendidikan inklusif. Terutama pada karakteristik anak berkebutuhan khusus dan kerjasama dengan sekolah luar biasa.
Kata Kunci: Persepsi, Kepala Sekolah, Pendidikan Inklusif
Bibliografi : lembar 96-97
SS00009205 | SK 9205 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain