Text
Media buku diorama untuk pembelajaran kosakata siswa autis
MEDIA BUKU DIORAMA UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA
SISWA AUTIS
Khusnaini Safitri
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran bagi siswa autis khususnya materi kosakata benda yang terdapat di jalan raya. Tempat ujicoba dalam penelitian ini yaitu di SD Negeri 14 Duren Tiga dan Yayasan Wahana Inklusif Indonesia. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan acuan metode R&D (Research and Development) model dari Baker and Schutz, yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu, Formulation, Instructional Specification, Development of Learning Materials, Pilot Test and Prototype Materials, Learning Material Revision, Product Integration or Packaging, Product Field Test, Product Revision, Product Review dan Process Evaluation. Hasil ujicoba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi dari ahli materi dengan nilai 3,13 dan rata-rata keseluruhan dari hasil evaluasi ahli media yaitu 3,39, serta yang terakhir media pembelajaran buku diorama ini dievaluasikan kepada siswa autis yang berjumlah keseluruhan 5 orang dari berbagai kelas yang disesuaikan kebutuhannya. Maka, mendapatkan hasil bahwa media pembelajaran buku diorama ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran kosakata materi benda-benda yang terdapat di jalan raya. Sehingga dapat memudahkan proses pembelajaran siswa autis.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Kosakata Benda – Benda, Autis
Bibliografi : lembar 85-86
SS00009214 | SK 9214 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain