Text
Pengaruh metode belajar kelompok Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar nahwu siswa di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta
ABSTRAK
Mega Novia : Pengaruh Metode Belajar Kelompok “Student Team Achievement Division” Terhadap Hasil Belajar Nahwu Siswa di SMA
Muhammadiyah 4 Jakarta . Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2016.
Untuk mengetahui pengaruh metode belajar kelompok “Student Team
Achievement Division” terhadap hasil belajar Nahwu siswa, penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, pada tahun ajaran 2014-2015, yang dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Januari 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Jakarta dan Sampelnya adalah siswa kelas X sebanyak 50 siswa terdiri dari 25 siswa untuk kelas Eksperimen dan 25 siswa untuk kelas Kontrol. Teknik pengambilan Sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas.
Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dengan uji Liliefors.
Hasil uji Normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo = 0,0866 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo = 0,1404 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian Homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan Homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau 0,2763 < 3,841 artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji Hipotesis,didapatkan thitung = 3,74.
Dengan dk 48 dan ttabel = 1,684 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 3,74 > ttabel = 1,684 jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh positif pada metode belajar kelompok “Student Team Achievement Division” terhadap hasil belajar Nahwu siswa di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta.
Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan
menggunakan metode belajar kelompok “Student Team Achievement Division” lebih tinggi hasil belajar Nahwunya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan metode pembelajaran. Disamping itu, siswa juga lebih menyukai belajar dengan menggunakan metode belajar kelompok “Student Team Achievement Division”, karena metode ini dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam belajar Nahwu. Guru disarankan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar.
ABSTRACT
Mega Novia: Effect of Group Learning Method "Student Team Achievement Division" Against Nahwu Student Learning Outcomes in SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Thesis, Department of Arabic Language and Literature Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.January 2016.
To determine the effect of group learning method "Student Team Achievement Division" against Nahwu student learning outcomes, the research was conducted in SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, in the academic year 2014-2015, which begins from March to January, 2016.
The method used in this study is a quasi-experiment. The population is all students of class X SMA Muhammadiyah 4 Jakarta and samples are students of class X as many as 50 students consisting of 25 students to a class of 25 students to experiment and control class. The technique of taking samples is done by simple random sampling. The instrument used was the final test in
the form of a written test with data analysis techniques used are the t-test on the level of significance = 0.05. T-test results obtained after normality test and homogeneity test.
Data analysis technique used is the t-test with a significance level of 0.05. Before the t-test, first tested with test Liliefors normality. Normality test results obtained in the experiment class(Lhitung) Lo = 0.0866 and the Control class acquired (Lhitung) Lo = 0.1404 while Ltabel at a grade of 0.173 obtained Experiments (n = 25, 5% significance level) and the control class acquired 0.173 (n = 25, 5% significance level) for the second (Lhitung) Lo
SS00009337 | SK 9337 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain