Text
Pengaruh Variasi start of injection timing terhadap daya motor diesel satu silinder sistem common rail dengan bahan bakar solar dan biodiesel B-20
PENGARUH VARIASI START OF INJECTION TIMING TERHADAP DAYA MOTOR DIESEL SATU SILINDER SISTEM COMMONRAIL DENGAN BAHAN BAKAR SOLAR DAN BIODIESEL B-20
YULIAN BUDI SAPUTRA
5315102690
Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
e-mail : i.yulianbudi@gmail.com
ABSTRAK
Krisis energi yang dialami dunia saat ini mendorong untuk dikembangkannya sumber daya energi terbarukan (renewable energy resource) dan teknologi yang inovatif agar dapat memanfaatkan sumber energi secara efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui daya motor diesel satu silinder menggunakan teknologi commonrail dengan bahan bakar solar dan campuran biodiesel 20%. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Parameter yang diuji adalah waktu injeksi bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar. Dengan menggunakan Electronic Control Unit (ECU), waktu injeksi bahan bakar diatur pada sudut 25-310 sebelum titik mati atas (Before Top Dead Center). Hasil pengujian didapatkan bahwa pada sudut 290 bTDC, daya yang dihasilkan oleh motor diesel mencapai puncaknya. Dengan menggunakan bahan bakar solar daya maksimal sebesar 7,50 Hp, sedangkan daya maksimal campuran 20% biodiese sebesar 7,24 Hp.
Kata kunci : Start Of Injection, bahan bakar, daya.
Bibliografi: lembar 47-48
SS00009350 | SK 9350 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain