Text
Hubungan antara hasil belajar qowaid dengan hasil belajar Bahasa Arab di Sekolah An-Nida Islamy Bekasi
ABSTRAK
Siti Fitriana Maghfuroh : Hubungan Antara Hasil Belajar Qowaid dengan Hasil Belajar Bahasa Arab di Sekolah An-Nida Al-Islamy Bekasi.
Skripsi. Jakarta : Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar qowaid dengan hasil belajar bahasa Arab di sekolah An-Nida Islamy Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII di Sekolah An-Nida Islamy Bekasi . Adapun sampelnya adalah Siswa Kelas VIII sebanyak 27 orang.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi yaitu Ŷ = 12,04 + 0,82X. Sebelum analisis regresi, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji normalitas pada variabel X yaitu Lo (Lhitung) 0,124 dan Lt (Ltabel) diperoleh 0,171 dengan sample sebanyak 27 siswa dan pada variabel Y yaitu Lo (Lhitung) 0,120 dan Lt (Ltabel) diperoleh 0,171 dengan sample sebanyak 27 siswa karena kedua Lo (Lhitung) < Lt (Ltabel) maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Pada uji hipotesis, diberlakukan analisis regresi yang sederhana pada kedua variabel antara terhadap hasil belajar qowaid dan hasil belajar bahasa Arab. Hasil dari koefisien regresi yaitu (a) 12,04 dan (b) yaitu 0,82. Hasil dari uji keberartian regresi yaitu F tabel 4,24 sedangkan F hitung 22,011 hal ini menunjukan bahwa Fh > Ft sehingga regresi sangat berarti. Lalu, hasil uji regresi linear diperoleh F hitung 0,519 sedangkan F tabel 2,60 hal ini menunjukan bahwa Fh < Ft yang berarti regresi linier. Pada koefisien hubungan digunakan rumus product moment yang hasilnya adalah r = 0,684. Lalu, untuk pengujian keberartian koefisien korelasi maka digunakan uji t yaitu perhitungan th > tt yaitu 6,43 > 1,71; maka tolak Ho dan terima Hi; berarti koefisien korelasi signifikan. Setelah itu uji koefisien determinasi yaitu sebesar 46,82% yang menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel hasil belajar qowaid dengan hasil belajar bahasa arab. Dari hasil penelitian tersebut guru hendaknya meningkatkan cara mengajar Qowaid, seperti memperbanyak latihan, menambah jam belajar, serta memperdalam materi di Sekolah An-Nida Al-Islamy Bekasi. Dibutuhkan pengembangan kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Qowaid dan bahasa arab, dan informasi ini sangat peting untuk sekolah khususnya pada mata pelajaran qowaid dan bahasa arab.
ABSTRACT
Siti Fitriana Maghfuroh: Relationship Between Learning Outcomes Qowaid with Result Learning Arabic at the School of An-Nida Al-Islamy Bekasi.
Essay. Jakarta: Department of Arabic Language and Literature Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. 2016. This study aims to determine the relationship between learning outcomes qowaid with the results of studying Arabic at school An-Nida Islamy Bekasi. This research was conducted in October 2015. The method used in this study is correlational method. The population in this study were all students of class VIII at School An-Nida Islamy Bekasi. The sample was Grade VIII as many as 27 people.
Data analysis technique used is the regression analysis is Y = 12.04 + 0,82X. Before the regression analysis, first tested the normality with Liliefors test with significance level of 5%. Normality test results in the variable X is Lo (Lhitung) 0.124 and Lt (Ltabel) obtained 0.171 with a sample of 27 students and the variable Y is Lo (Lhitung) 0.120 and Lt (Ltabel) obtained 0.171 with a sample of 27 students for both Lo ( Lhitung) Ft so significant regression. Then, the test results obtained by linear regression calculated F F table 2,60 0.519 whereas this shows that Fh tt ie 6.43> 1.71; then reject Ho and accept Hi; means a significant correlation coefficient. After the test the coefficient of determination is equal to 46.82% which shows that there is a positive relationship between the variables studied qowaid results with the results of learning Arabic. From the results of these studies should improve the way teachers teach Qowaid, such as extending the exercise, adding hours of study, as well as deepen the material in the School of An-Nida Al-Islamy Bekasi. It takes learning and teaching, especially on the subjects Qowaid and Arabic, and this information is very important to be on a particular school subjects qowaid and Arabic.
Bibliografi : lembar 53-57
SS00009336 | SK 9336 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain