Text
Pengaruh variasi komposisi campuran serabut kelapa dan serbuk kayu pada kanvas rem tromol terhadap waktu dan jarak pengereman
ABSTRAK
Rachmad Kusnandar, Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Serabut Kelapa
dan Serbuk Kayu Pada Kanvas Rem Tromol Terhadap Waktu Dan Jarak
Pengereman. Skripsi. Jakarta: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik,
Universitas Negeri Jakarta, Maret 2016.
Pada akhir-akhir ini banyak kita dengar adanya kecelakaan yang terjadi di
jalan raya baik sepeda motor, mobil maupun bus atau truk. Salah satu penyebab
kecelakaan adalah akibat rem yang tidak bekerja dengan baik. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lima variasi komposisi campuran
serabut kelapa dan serbuk kayu, pada kanvas rem tromol terhadap waktu
pengereman.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Parameter yang diuji
adalah waktu pengereman. Dengan menggunakan alat uji pengereman sesuai
acuan SNI 4404:2008. Kanvas rem yang digunakan spesimen A (serabut kelapa
0%, serbuk kayu 40%, dan resin 60%), spesimen B (serabut kelapa 10%, serbuk
kayu 30%, dan resin 60%), spesimen C (serabut kelapa 20%, serbuk kayu 20%,
dan resin 60%), spesimen D (serabut kelapa 30%, serbuk kayu 10%, dan resin
60%), spesimen E (serabut kelapa 40%, serbuk kayu 0%, dan resin 60%).
Hasil pengujian didapatkan bahwa pada spesimen A waktu dan jarak
dengan kecepatan 20 km/jam adalah 0,25 detik dan 0,69 m, kecepatan 40 km/jam
adalah 0,43 detik dan 2,38 m, kecepatan 60 km/jam adalah 0,64 detik dan 5,33 m,
kecepatan 80 km/jam adalah 0,82 detik dan 9,11 m, kecepatan 100 km/jam adalah
0,96 detik dan 13,33 m.
Kata Kunci: serabut kelapa dan serbuk kayu, waktu dan jarak pengereman.
Bibliografi: lembar 75-76
SS00009344 | SK 9344 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain