Text
Pengembangan media permainan bahasa "hangman" dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab di kalangan umum
ABSTRAK
Nuha Aisyah Amatulloh Pengembangan Media Permainan Bahasa “Hang Man” dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Kalangan Umum. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan bahasa dalam menunjang kebutuhan siswa untuk mempelajari bahasa arab dimulai dari pemahaman kosakata bahasa arab dan mengembangkan permainan bahasa Hangman sebagai media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri diluar lembaga formal. Media permainan Hangman juga bisa menarik siswa untuk senang dan mudah memahami kosakata.
Metode penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian diperoleh melalui angket diisi oleh 25 subjek. 15 pelajar di tingkat SD, SMP dan SMA, dan 10 mahasiswa jurusan bahasa arab dan mahasiswa non bahasa arab di Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian pengembangan media pembelajaran yang digunakan berupa kuesioner. Hal ini digunakan untuk mengukur keberhasilan dan efektivitas njrajaeeemep dengan media canggih yang menarik, pengujian yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah pengujian khusus pada media dan khusus pada materi.
Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan yang telah disusun,(1) Penelitian dan Pengumpulan Data, (2) Perencanaan pengembangan Produk, (3) Pengembangan Produk Awal, (4) Uji Coba Produk Awal, (5) Penyempurnaan Produk Awal, (6) Uji Coba Produk Yang Telah disempurnakan (7) Penyempurnaan Produk pengujian produk, (8). Produk Akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah deskripsi mengenai proses dan hasil pengembangan game hangman sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Arab.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan siswa menghendaki atau setuju dengan adanya media pembelajaran berbentuk game kosakata bahasa arab. Game hangman ini memuat enam komponen utama yaitu level yang dibagi menjadi 3 bagian level, kamus, cara bermain dan profil. Pada game ini terdiri dari 3 tingkatan level, menebak kosakata dasar yang mencakup alat sekolah, alat transportasi dan profesi, menebak sinonim dan antonim kata, dan menyusun kata menjadi kalimat.
Penilaian ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil kesesuaian aspek penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual. Hasil Uji ahli media dan ahli materi termasuk kategori Sangat Baik dan dinyatakan Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kosakata untuk menunjang pembelajaran bahasa arab di kalangan umum.
ABSTRACT
Nuha Aisyah Amatulloh .Media Development Language game "Hangman" in Improving Vocabulary Mastery of Arabic for General Public. Essay. Department of Arabic Language and Literature Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. January 2016. This research aims to develop a language game in supporting the needs of students to learn Arabic language starts from understanding the vocabulary of Arabic and developed the game Hangman language as a medium of learning that allows students to learn independently outside formal institutions. Media Hangman game can also attract students to fun and easy to understand vocabulary. This research method is a research and development (R & D). Data were obtained through questionnaires filled out by 25 subjects. 15 students in elementary, Junior High School and Senior High school, and 10 students majoring in Arabic and non Arabic student at the State University of Jakarta. Research development of instructional media used in the form of questionnaires. It is used to measure the success and effectiveness of learning with advanced media interest, the test used in the collection of this data is a specific test on the media and special material. Research and development is carried out based on the development procedures that have been developed, (1) Research and Data Collection, (2) Planning the development of products, (3) Product Development Early, (4) Trial Products Beginning, (5) Completion of Products Beginning, (6 ) testing products has been perfected (7) Completion of product testing products, (8). The final product. The research result of this development is the description of the process and results hangman game development as a medium of learning Arabic vocabulary The conclusion of this study is the result of a needs analysis showed the students wanted or agreed to any form of media learning Arabic vocabulary game. This hangman game contains six major components, the level of which is divided into 3 levels, dictionaries, how to play and profiles. In this game consists of 3 levels, level guess the basic vocabulary that includes school supplies, transportation and professions, synonyms and antonyms guess the word, and construct words into sentences. Expert assessment of media and subject matter experts showed the results of the suitability of the presentation aspect, the feasibility of the language, and contextual. Test Result media specialists and subject matter experts including category Very Good and declared Eligible for use as a medium of learning vocabulary to support learning the Arabic language among the public.
Bibliografi : lembar 61-62
SS00009332 | SK 9332 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain