Text
Karakteristik kepribadian anak dalam cerpen "tufuliyyat" karya Hiyam Al-Muflikh dan implikasinya dalam pembelajaran sastra Arab
ABSTRAK
Ayu Zahroh Safitri. Karakteristik Kepribadian Anak dalam Cerpen “Tufuliyyat” karya Hiyam Al-muflikh dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra Arab, Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang macam-macam karakterisktik kepribadian Anak-anak Arab –baik dan buruknya- pada Cerpen “Tufuliyyat” karya Hiyam Al-muflikh dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra Arab. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis macam-macam karakterisktik kepribadian Anak-anak Arab pada Cerpen “Tuhufuliyyat” karya Hiyam Al-muflikh. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tabel spesifikasi.
Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa macam-macam karakterisktik kepribadian Anak-anak Arab pada cerpen“Tuhufuliyyat” karya Hiyam Al-muflikh memiliki 4 macam tipe kepribadian menurut Hipocrates, tipe-tipe tersebut yaitu : 1. Koleris, 2.Sanguis, 3. Melankolis 4. Plegmatis. Serta terdapat macam-macam penyimpangan kepribadian pada anak dan sebabnya yaitu: 1. Gangguan Belajar, 2. Keras Kepala dan Kasar, 3. Berbohong, Mencuri dan Kabur, 4. Gila/Stres.
Terdapat 22 temuan yang peneliti temukan dari 11 Judul dalam Cerpen “Tufuliyyat” karya Hiyam Al-muflikh dengan rincian sebagai berikut:
- Macam-macam kepribadian menurut Hipocrates terdiri dari: (1) Koleris terdapat pada 9 teks (40,9%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “Assuq” terdapat pada 2 teks (22,2%), “Abawaih” terdapat pada 3 teks (33,3%), “Alursy” terdapat pada 1 teks (11,2%), “Gairoh” terdapat pada 1 teks (11,2%), “Muwarobah” terdapat pada 2 teks (22,2%) . (2) Sanguis terdapat pada 5 teks (22,7%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “Amniyyah” terdapat pada 1 teks (20%), “Iqob” terdapat pada 2 teks (40%), “al-ursy” terdapat pada 1 teks (20%), “muwarobah” terdapat pada 1 teks (20%). (3) Melankolis terdapat pada 6 teks (27,2%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “amniyyah” terdapat 1 teks (17%), “Dzalika tiflu” retdapat pada 1 teks (17%), “Al-qonnu” terdapat pada 4 teks (66%). (4) Plagmatis terdapat pada 2 teks (9,2%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “Ad-darsu” terdapat pada 1 teks (50%), “At-tufulah” terdapat pada 1 teks (50%).
-Macam-macam penyimpangan kepribadian pada anak dan sebabnya, terdiri dari: (1) Gangguan belajar terdapat pada 1 teks (10%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “Amniyah” terdapat pada 1 teks (100%). (2) Keras
kepala dan kasar terdapat pada 7 teks (70%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “iqob” terdapat 1 teks (14,2%), “As-suuq” terdapat pada 2 teks (28,7%), “Abawaih” terdapat pada 2 teks (28,7%), “Goiroh” terdapat pada 1 teks (14,2%), “Muwarobah” terdapat pada 1 teks (14,2%). (3) Berbohong, mencuri dan kabur terdapat pada 1 teks (10%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “Ad-darsu” terdapat pada 1 teks (100%). (4) Gila/Stres terdapat pada 1 teks (10%), adapun teks tersebut terdapat pada cerpen dengan judul “Al-Qonnu” terdapat 1 teks (100%),
Implikasi hasil penelitian ini terhadap pengajaran telaah sastra arab adalah menjadikan cerpen-cerpen karya Hiyamu Al-muflikh sebagai salah satu bahan perkuliahan dalam pengajaran telaah sastra arab, terutama cerpen anak-anak sebagai perbandingan dan pengetahuan kita tentang dunia arab di Universitas Negeri Jakarta khususnya dan universitas yang lainnya pada umumnya.
ABSTRAC
Ayu Zahroh Safitri. The Characteristics of Child Personality on The Short Story of "Tufuliyah" which written by Hiyam Al-muflikh and The Implication in Learning Arabic Literature, Thesis. Department of Arabic Language and Literature, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. January 2016.
The purpose of this study was to obtain a clear description of the various personality characteristics Children, (Bad or Good) Arab Children’s on the short story of "Tufuliyyat" which written by Hiyam Al-muflikh and The Implications in Learning Arabic Literature. Department of Arabic Language and Literature, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
The method used in this research is descriptive qualitative method to analyze a variety of personality characteristics of the Arab Children's on Short Story "Tuhufuliyyat" which written by Hiyam Al-muflikh. The instruments used by researchers is a table of specifications.
From the research, it is known that a variety of personality characteristics of Arab children’s on the short story "Tuhufuliyyat" which written by Hiyam Al-muflikh has four types of personality according to Hippocrates, these types are: 1. Choleric, 2.Sanguine, 3. melancholyc 4. plegmatic. And there are many kinds of personality disorder in children and is as follows: 1. Disabilities, 2. Stubborn and Rude, 3. Lying, Stealing and Obscure, 4. Crazy / Stress.
There were 22 findings that researchers have found in 11 Title in the short story of "Tufuliyyat" which written by Hiyam Al-muflikh, with the following details:
- Various personalities according to Hippocrates consists of: (1) Koleric text contained in 9 (40.9%), while the text contained in the short story with the title "As-suq" text contained in 2 (22.2%), " Abawaih "text contained in 3 (33.3%)," Al-Ursy "contained in one text (11.2%)," Gairoh "contained in one text (11.2%)," Muwarobah "contained in the two texts (22.2%). (2) sanguine text contained in 5 (22.7%), while the text contained in the short story with the title "Amniyyah" contained in one text (20%), "Iqob" contained in the two texts (40%), "al- Ursy "contained in one text (20%)," muwarobah "contained in one text (20%). (3) Melancholyc text contained in 6 (27.2%), while the text contained in the short story with the title "amniyyah" there are 1 texts (17%), "Dzalika tiflu" retdapat at 1 text (17%), "Al- qonnu "contained in the text 4 (66%). (4) Plagmatic text contained in 2 (9.2%), while the text contained in the short story with the title "Ad-darsu" contained in one text (50%), "At-tufulah" contained in one text (50%) .
-Kind of personality disorder in children and the reason, consisting of: (1) Disturbance learn contained in one text (10%), while the text contained in the short story with the title "Amniyah" contained in one text (100%). (2) stubborn and rude text contained in seven (70%), while the text contained in the short story with the title "iqob" there are 1 texts (14.2%), "As-Suuq" contained in the two texts (28.7 %), "Abawaih" text contained in 2 (28.7%), "Goiroh" contained in one text (14.2%), "Muwarobah" contained in one text (14.2%). (3) Lying, stealing and running away are in one text (10%), while the text contained in the short story with the title "Ad-darsu" contained in one text (100%). (4) Crazy / Stress contained in one text (10%), while the text contained in the short story with the title "Al-Qonnu" there is one text (100%),
Implications of these results to the teaching of the study of literary Arabic was made the short story works Hiyamu Al-muflikh as one of the lectures in the teaching of the study of literary Arabic, especially the stories of children as a comparison and our knowledge of the Arab world at the Jakarta State University in particular and university the other in general.
Bibliografi : lembar 77-80
SS00009331 | SK 9331 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain