Text
Hubungan pola asuh orang tua dan gaya belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam
ABSTRAC
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan gaya belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Se-Kabupaten Kuantan Singingi.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik kluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 248 orang siswa. Pengambilan data hasil belajar kognitif menggunakan tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan hasil belajar afektif diukur dengan skala likert, pola asuh
orang tua dan gaya belajar diukur menggunakan koesioner. Uji validitas hasil belajar kognitif dihitung dengan menggunakan rumus point-biserial dan reliabilitas menggunakan rumus KR-20, sedangkan uji validitas hasil belajar afektif, pola asuh orang tua dan gaya belajar dihitung dengan menggunakan rumus
product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Pengujian normalitas data penelitian menggunakan rumus liliefors dan uji homogenitas dengan uji bartlet. Uji hipotesis dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Kedua, terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Ketiga, terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dan gaya belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pandidikan agama Islam.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar Dan Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam.
Bibliografi : lembar 129-131
TM00004564 | TM 4564 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain